Selasa 06 Mar 2012 18:27 WIB

PDIP Seleksi Tiga Cagub DKI

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Didi Purwadi
Walikota Solo Joko Widodo
Walikota Solo Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen PDIP, Tjahjo Kumolo, mengatakan pihaknya sudah melakukan seleksi calon gubernur (cagub) yang akan diusung PDIP dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012. ''Dari lima cagub yang mendaftar, hari ini tiga cagub sudah mengikuti tahap seleksi dan fit and proper test,'' ujar Tjahjo saat jumpa pers di markas PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/3).

Ketiga cagub tersebut adalah Walikota Solo, Joko Widodo, yang merupakan kader berprestasi PDIP; mantan Danjen Marinir, Mayjen TNI (Purn) Nono Sampono, yang merupakan mantan ajudan Megawati Soekarnoputri saat menjadi presiden; dan Boy Sadikin yang merupakan putra dari mantan gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Tjahjo mengatakan dua cagub lainnya mengundurkan diri dan tidak hadir. Mayjen TNI (Purn) Prijanto, mantan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012, mengajukan surat tertulis mengundurkan diri. Bambang PH (pengusaha) tidak hadir.

''PDIP akan menetapkan kepastian cagub DKI Jakarta setelah tanggal 13 Maret 2012 mendatang,'' ungkapnya. ''PDIP DKI Jakarta memiliki 11 kursi dan hanya butuh empat kursi lagi untuk bisa mengusung cagub dan cawagub DKI Jakarta dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012.''

Saat ini, lanjutnya, PDIP sedang melakukan komunikasi intensif untuk berkoalisi dengan partai-partai lain yang memiliki kursi. PDIP bisa saja berkoalisi dengan Partai Gerindra yang memiliki enam kursi. Begitu pula peluang koalisi dengan PAN dan PPP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement