Ahad 21 Feb 2016 15:41 WIB

World Press Photo Awards 2016

Red: operator

Organisasi foto jurnalistik World Press Photo kembali mengumumkan foto-foto jurnalistik terbaik sepanjang tahun 2015. Banyak kalangan menduga isu eksodus pengungsi menuju Eropa akan menjadi salah satu isu yang kuat sebagai pemenang. Dugaan ini menjadi kenyataan dengan terpilihnya foto dengan tema ini sebagai pemenang gelar bergengsi "The 2016 Photo of The Year".

Adalah foto karya Warren Richardson, fotografer Australia yang menyabet gelar bergengsi tahun ini. Foto hitam putih karya Richardson menampilkan pengungsi Syiria memindahkan bayi melalui kawat berduri dalam upayanya menyeberangi perbatasan Hungaria-Serbia.

Untuk mengabadikan momen ini, Richardson mengikuti rombongan pengungsi ini termasuk berkemah selama lima hari di perbatasan. Rombongan pengungsi yang terdiri atas 200 orang tiba dan bergerak di sepanjang pagar perbatasan.Pengungsi-pengungsi ini harus kucing-kucinganmenghindari pantauan penjaga perbatasan. 

"Saya sangat kelelahan pada saat mengambil gambar ini. Saat itu waktu menunjukkan jam tiga pagi," ujar Richardson kepada Juri WPP Awards di Amsterdam. "Saya tidak bisa menggunakan lampu kilat karena hal itu akan membocorkan posisi pengungsi kepada polisi perbatasan. Akhirnya, saya hanya mengandalkan cahaya dari bulan yang bersinar saat itu."

Selain foto terbaik tahun ini, WPP juga memilih delapan kategori lain sebagai pemenangnya. WPP membagi kategori lomba menjadi Contemporary Issues, Daily Life, General News, Long-Term Projects, Nature, People, Sports,dan Spot News. Masing-masing kategori dibagi kembali menjadi subkategori single photodan stories.

Foto-foto pemenang melalui seleksi panjang penjurian dari 82.951 foto karya 5.775 fotografer yang berasal dari 128 negara berbeda. Tim juri memilih pemenang di delapan kategori berbeda.

Dari semua pemenang tersebut terpilih satu foto terbaik sebagai "The 2016 Photo of The Year". 

Tahun ini tidak ada peserta dari Indonesia yang berhasil menyabet gelar dari semua kategori yang dilombakan. Namun, beberapa foto pemenang mengambil lokasi pemotretan di Indonesia. Foto juara pertama kategori Naturesubkategori stories karya fotografer Amerika Serikat, Tim Laman, mengambil tempat di konservasi Orang Utan di Kalimantan dan Sumatra. Oleh Yogi Ardhi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement