Kamis 26 Nov 2015 15:00 WIB

Pemkot Kaji Normalisasi Danau Bogor

Red:

BOGOR — Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus melakukan kajian normalisasi Danau Bogor Raya. Hal itu diupayakan guna menanggulangi banjir yang terjadi di wilayah Kelurahan Cibuluh dan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara.

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengungkapkan, Danau Bogor Raya yang merupakan hulu Kali Ciluar mengalami sedimentasi sekitar 60 sampai 70 persen. Data itu didapatkan dari pengukuran terakhir dari danau seluas 6,5 hektare itu.

"Sebagian besar luas permukaan danau sudah menjadi daratan dan tidak bisa menampung air yang masuk dari sumber air Ciluar dan Citangkil sehingga mengakibatkan di hilir banjir," kata Usmar, Rabu (25/11).

Usmar menyebutkan, normalisasi perlu dilakukan agar danau bisa kembali menampung ratusan meter kubik air. Dengan demikian, saat hujan, air tidak langsung mengalir ke Kali Ciluar.

Pemkot Bogor telah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga, Dinas Pengawasan Bangunan dan Pemukiman (Wasbangkim), jajaran lurah dari Tanah Baru, Cimahpar, Cibuluh, dan Ciluar, serta sejumlah pihak guna membicarakan hal itu. Jadwal pembahasan teknis akan dibuat dalam waktu dekat agar normalisasi lekas terealisasi.

n c34 ed: endro yuwanto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement