Jumat 17 Apr 2015 16:47 WIB

DKI Jakarta Persiapkan Anggaran Pilkada 2017

Red:

JAKARTA -- DKI Jakarta mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) yang jatuh pada Februari 2017 mendatang. Wakil Gubernur Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, melakukan rapat terkait anggaran pilkada nanti bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Rapat pengajuan anggaran untuk 2017 nanti. Saya minta segera dikoordinasikan dengan Bappeda (Badan perencanaan pembangunan daerah) supaya masuk," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Kamis (16/4).

Pilkada sendiri jatuh pada awal bulan sehingga anggaran yang akan dipersiapkan masuk pada 2016. Selain itu, ada beberapa aturan baru dari yang akan diterapkan dalam pilkada.

"Dengan aturan-aturan yang baru maka ada beberapa yang menjadi kewajiban KPU. Misalnya, alat peraga kampanye, itu menjadi tanggung jawab KPU. Kita berharap masuknya 2016 sehingga tidak tergantung pada anggaran 2017," kata Djarot memaparkan.

Anggaran yang direncanakan KPU, diharapkan bisa secepatnya dibuat dan disesuaikan dengan aturan yang baru. "Banyak sekali komponen-komponen yang dulunya menjadi tanggung jawab kandidat, sekarang menjadi tanggung jawab negara melalui KPU," ujar mantan wali kota Blitar ini.

Kemudian, Djarot juga meminta KPU untuk memprediksi jumlah kenaikan pemilih. Selain itu, ia berharap pilkada dapat dilaksanakan hanya satu kali putaran, sama seperti daerah lainnya.  c11 ed: Erdy Nasrul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement