Kamis 26 Mar 2015 14:00 WIB

KCJ Operasikan 872 Perjalanan

Red:

JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan mengoperasikan 872 perjalanan kereta Commuter Line per hari mulai 1 April 2015. KCJ mencatat perjalanan sebanyak itu lebih banyak sebesar 15 persen (115 perjalanan) dibandingkan dengan jumlah sebelumnya, yakni 757 perjalanan/hari.

"PT KAI dan PT KCJ telah merancang grafik perjalanan kereta api (Gapeka) untuk 2015, yang mulai berlaku pada 1 April 2015," kata Direktur Utama KCJ Muhammad Fadhil di Jakarta, Rabu (25/3).

Dia mengatakan, 872 perjalanan kereta dipenuhi dengan mengoperasikan 69 rangkaian kereta. Alokasi armada terbesar masih untuk lintas Bogor/Depok-Jakarta Kota dengan loop line sebanyak 40 rangkaian dengan total melayani 391 perjalanan KA setiap harinya.

Jumlah KA loop line akan mencapai 169 perjalanan per hari. Penambahan perjalanan juga dilengkapi dengan KA feeder Manggarai-Duri yang mencapai 42 perjalanan setiap hari.

Fadhil mengatakan, penambahan perjalanan juga terdapat di lintas lain, yakni lintas bekasi dilayani 12 rangkaian kereta untuk 153 perjalanan, lintas Serpong ke Parung Panjang dan Maja dilayani 10 rangkaian kereta untuk 148 perjalanan, dan lintas Tangerang empat rangkaian kereta melayani 88 perjalanan setiap harinya.

"Sementara itu, KCJ juga menjalankan tiga rangkaian kereta nonkomersial atau feeder yang melakukan 92 perjalanan setiap harinya," katanya.

Rangkaian feeder tersebut, lanjut dia, melayani rute Manggarai-Sudirman-Karet-Tanah Abang-Duri PP dan Kampung Bandan hingga Jakarta Kota pulang dan pergi. Untuk waktu keberangkatan kereta paling awal di pagi hari dan kereta terakhir di malam hari. Fadhil mengatakan ada perubahan waktu, yakni perubahan jadwal kereta paling akhir antara lain terdapat di lintas Parung Panjang. Waktu keberangkatan KA terakhir dari Stasiun Tanah Abang menuju Parung Panjang menjadi pukul 23.30 WIB atau lebih panjang satu jam dibanding sebelumnya.

Untuk kereta lintas Bekasi, keberangkatan KA terakhir menuju Bekasi dari Stasiun Jakarta Kota kini menjadi pukul 22:45 WIB atau lebih panjang 24 menit dibanding sebelumnya. Perubahan jadwal kereta paling awal, antara lain, terdapat di lintas Maja. Waktu keberangkatan KA pertama dari Maja akan lebih cepat satu jam menjadi 04:45 WIB. Untuk lintas Tangerang waktu keberangkatan KA pertama lebih cepat 15 menit menjadi pukul 05:00 WIB.

"Penambahan perjalanan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para pengguna jasa KRL di Jabodetabek dengan tetap memprioritaskan keselamatan dan keamanan," kata Fadhil. n antara ed: erdy nasrul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement