Kamis 05 Jun 2014 11:22 WIB

DKI akan Bangun Bandara 'Si Pitung'

Red:

BALAI KOTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun bandar udara khusus untuk Ibu Kota. Rencananya, bandara itu akan dibangun di Marunda, Jakarta Utara.

"Dari awal, kita memang sudah punya rencana untuk membuat bandara di Jakarta Utara. Rencananya, kita mau bangun itu di kawasan Marunda," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (4/6).

Pria yang akrab disapa Ahok itu menjelaskan, sekarang pihaknya telah memiliki rancangan. Rencananya, bentuk bangunan bandara anyar itu akan didesain PT Marindo Bahtera Development.

"Pembangunan bandara baru tersebut bertujuan untuk membantu mengurangi beban yang selama ini hanya menumpuk di Bandara Soekarno-Hatta. Kita sudah ada rancangannya," ujar Ahok.

Ia menuturkan, bandara yang berlokasi di Jakarta Utara itu akan dibangun sekaligus dikelola secara langsung oleh Pemprov DKI Jakarta. "Kalau untuk nama bandaranya, kira-kira harus yang ada hubungannya atau identik dengan kawasan Marunda. Mungkin, namanya 'Si Pitung' atau yang lainlah, nanti kita pikirkan lagi," kata pria berusia 47 tahun ini.

Selain bandara, Ahok mengungkapkan, Pemprov DKI juga berencana membangun pelabuhan. Rencananya, pelabuhan itu nanti akan terletak di antara di kawasan Tanjung Priok dan Ancol.

"Pokoknya, seluruh rencana pembangunan itu akan kita lakukan di wilayah Jakarta Utara. Jadi, kita punya bandara dan pelabuhan sendiri," ujar mantan bupati Belitung Timur ini. antara ed: karta raharja ucu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement