Selasa 10 Feb 2015 14:00 WIB

Gulfood Bahas Makanan Halal

Red:

DUBAI -- Industri makanan halal akan menjadi fokus dalam gelaran Gulfood 2015. Pameran industri makanan terbesar di Uni Emirat Arab (UEA) itu akan menghadirkan lebih dari seribu pelaku industri makanan halal.

Kegiatan yang digelar di Dubai World Trade Centre (DWTC) pada 8-12 Februari 2015 ini menampilkan produk makanan halal, di antaranya, minuman energi, makanan vegetarian, produk daging, dan aneka makanan kemasan.

Ajang ini dimanfaatkan Dubai untuk mengejar target ambisiusnya menjadi pusat ekonomi Islam dunia.

"Pasar makanan halal terhitung jadi sektor kelima dalam perdagangan makanan dunia dan Halal Food World akan memastikan Gulfood bagian penting dalam pertumbuhan industri makanan halal," kata wakil presiden pelaksana Gulfood Trixie LohMirmand, awal pekan lalu, seperti dikutip Zawya.

Berdasarkan statistik DWTC, impor makanan halal UEA diperkirakan tumbuh dari tiga miliar dolar AS (11 miliar dirham) pada 2011 menjadi 8,4 miliar dolar AS pada 2020. Secara global, bisnis makanan halal bernilai satu triliun dolar AS setiap tahunnya.

Dalam acara ini juga akan digelar Konferensi Investasi Industri Halal. Forum ini akan menjadi ajang diskusi mengenai peluang pasar halal global dan perannya di Dubai untuk mencapai target mereka menjadi ibu kota ekonomi Islam.

Salah satu perhatian Gulfoof juga akan tertuju pada isu keamanan pangan di kawasan Teluk dalam sesi World Food Security Summit yang kabarnya akan dihadiri 200 profesional di bidang ini. Akan ada pula sesi khusus usaha waralaba makanan.

Setidaknya, 150 negara diundang dalam kegiatan ini termasuk, AS, Australia, Prancis, Estonia, Monako, dan Uzbekistan. rep: Fuji Pratiwi  ed: Irwan Kelana

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement