Kamis 20 Nov 2014 12:00 WIB

Koperasi Syariah Dapat KSP Award

Red:

JAKARTA -- Koperasi-koperasi terbaik se-Indonesia dianugerahi KSP Award 2014 yang terbagi dalam tiga kelompok, yaitu Kelompok Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Kelompok Koperasi Kredit, dan Kelompok Koperasi Pola Pelayanan Syariah.

Pemenang penerima penghargaan diklasifikasi berdasarkan kelompok Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Kredit, dan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). "Dengan adanya penganugerahan KSP Award ini diharapkan dapat semakin memacu usaha simpan pinjam oleh koperasi agar lebih berinovasi dalam melayani anggota dan masyarakat," kata Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari, di Jakarta, Selasa (18/11).

Koperasi-koperasi penerima KSP Award 2014 dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk kategori penumbuhan anggota tercepat, yakni KSP Abdi Kerta Raharja Banten, Kopdit Sauan Sibarung Tana Toraja (Sulsel), dan KJKS BMT Nuansa Umat Sumenep (Jawa Timur). Kategori lain yakni KSP Nusantara DKI Jakarta, Kopdit Swastisari Kota Kupang (NTT), KJKS BMT Bina Insan Mulia Jawa Tengah. Kategori penumbuhan aset tercepat yakni Kopdit Lantang Tipo Kalbar, KJKS BMT Berlian Bau Bau (Sultra), dan KSP Bulukumba (Sulsel).

Anugerah KSP Award diserahkan oleh Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari dan Deputi Bidang Pengembangan, Restrukturisasi Usaha Braman Setyo, staf ahli Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati.

Perlombaan untuk penerima KSP Award 2014 diikuti oleh 170 koperasi yang berasal dari 21 provinsi, yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah. Selain itu juga DI Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, NTB, NTT, dan Maluku.

"Koperasi peserta perlombaan penerima KSP Award 2014 memiliki predikat penilaian kesehatan minimal 'Cukup Sehat'," katanya. Hasil penilaian dan verifikasi lapangan telah menetapkan 50 koperasi sebagai nominator untuk 10 kategori penghargaan.

Terdapat sepuluh kategori penghargaan yang dianugerahkan, yaitu penumbuhan keanggotaan paling cepat, pelayanan pinjamannya ke sektor produktif terbaik, paling cepat pertumbuhan asetnya, dan paling besar pemupukan modal sendirinya.

Di samping itu ada pula kategori yang paling responsif terhadap perubahan lingkungan strategis, paling baik dalam sistem informasi dalam laporan keuangan, paling tertib dalam pencatatan keanggotaan, memiliki struktur organisasi usaha paling dinamis sesuai lembaga intermediasi, memiliki rasio keuangan terbaik, dan memiliki koperasi sebagai mitra binaan.

Penganugerahan KSP Award bertujuan meningkatkan motivasi bagi jajaran gerakan koperasi agar semakin meningkatkan kinerjanya sehingga menjadi koperasi yang kuat, sehat, mandiri, dan tangguh menghadapi perkembangan ekonomi nasional dan internasional.

"Penganugerahan KSP Award juga merupakan apresiasi dan penghargaan pemerintah terhadap peran dan kiprah usaha simpan pinjam koperasi dalam meningkatkan ekonomi anggotanya dan masyarakat sekitarnya," katanya.

Selain itu, acara penganugerahan bagi KSP/kopdit/KJKS menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan berbagai prestasi yang telah dicapai koperasi dalam meningkatkan pelayanannya dan mengembangkan usahanya ke jenjang yang lebih tinggi dan lebih besar.

"Mencermati keberhasilan dari koperasi yang menerima award diperoleh kesamaan aspek yang menentukan kesuksesan koperasi yaitu kualitas pelayanan koperasi terhadap anggota dan calon anggotanya," katanya.

Menurut dia, salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan kualitas pelayanan koperasi adalah kualitas karyawan koperasi. Selain itu, kompetensi karyawan sebagai ujung tombak koperasi memang sangat menentukan tingkat kepuasan anggota terhadap pelayanan koperasi.

Di samping itu, kemajuan teknologi mendorong pengurus dan pengelola koperasi untuk berinovasi menggunakan aplikasi teknologi informasi sehingga pelayanan menjadi lebih cepat dan transparan.

"Dalam pembuatan laporan keuangan koperasi, penerima KSP Award 2014 sudah mempergunakan aplikasi teknologi online system. Strategi dan teknologi untuk jasa layanan kepada anggota dan calon anggota sudah semakin berkembang dengan adanya Kartu debit/ATM, mobil kas keliling, dan kasir keliling," katanya. n antara ed: zaky al hamzah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement