Senin 20 Oct 2014 12:00 WIB

Bank Muamalat Kembali Raih Penghargaan Internasional

Red:

WASHINGTON — Predikat terbaik dari institusi internasional kembali diperoleh Bank Muamalat. Penghargaan internasional keenam untuk Bank Muamalat tersebut diberikan sebuah majalah yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS), Global Finance.

"Bank Muamalat kembali terpilih sebagai Best Islamic Financial Institution in Indonesia untuk yang keenam kalinya setelah pada 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2013 meraih predikat pada kategori yang sama dari majalah Global Finance," kata Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Adrian A Gunadi kepada Republika, Kamis (16/10).

Gunadi menerima penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Global Finance’s Publisher di National Press Club, Washington DC, AS, Sabtu (11/10). Global Finance merupakan media yang memantau pertumbuhan bisnis serta ekonomi global dengan distribusi mencakup 163 negara dan memiliki oplah sebanyak 50.050 setiap bulan.

Global Finance menetapkan beberapa kriteria kuantitatif dan kualitatif dalam melakukan seleksi terhadap ratusan lembaga keuangan syariah yang tersebar di seluruh dunia. Dalam kriteria kuantitatif, aspek penilaian terfokus pada pertumbuhan aset, profitabilitas, sebaran geografis, relasi strategis, pengembangan bisnis, dan inovasi baru. Sedangkan dalam kriteria kualitatif, penilaiannya mempertimbangkan aspek reputasi, kepuasan nasabah, opini para analis, dan pelaku industri.

Kedua metode penilaian tersebut akan bermuara kepada bank yang paling dipilih nasabah dalam memfasilitasi aktivitas perbankannya. Penilaian dilakukan oleh tim editorial Global Finance yang sebelumnya telah berkonsultasi dengan para bankir dan analis dari seluruh dunia. Penilaian tersebut menghasilkan pemenang berupa bank yang berkontribusi pada pertumbuhan keuangan syariah dan berhasil menciptakan produk keuangan syariah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kuartal III 2014 total aset Bank Muamalat mencapai Rp 59,45 triliun. Jumlah aset ini naik 14,14 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) pada kuartal III 2014 sebesar Rp 46 triliun atau meningkat sebesar 18,58 persen dibandingkan periode yang sama pada 2013. Selain itu, pembiayaan Bank Muamalat pada kuartal III 2014 sebesar Rp 45,26 triliun atau tumbuh 14,35 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. rep: rr laeny sulistyawati ed: nur aini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement