Rabu , 18 January 2017, 18:00 WIB

Liverpool Butuh Kemenangan

Red:

PLYMOUTH — Liverpool harus melakoni laga ulangan di ajang Piala FA ke markas klub divisi tiga Liga Inggris, Plymouth Argyle, di Stadion Home Park, Kamis (19/1) dini hari WIB. Datang ke markas tim guram, bukan berarti tugas Liverpool akan mudah.

Terbukti, pada pertemuan di Anfield pada 8 Januari lalu, Plymouth bisa memaksa laga berakhir imbang tanpa gol. Bulan ini memang jadi periode negatif bagi tim besutan Juergen Klopp.

Dalam empat laga terakhir, Liverpool sulit untuk bisa mencicipi kemenangan. Sekali kalah dan tiga seri jadi hasil yang mewarnai catatan kurang moncer Liverpool awal tahun ini.

Pengaruh catatan buruk ini paling signifikan mulai tampak di papan klasemen Liga Primer Inggris. Liverpool yang sempat memimpin klasemen sementara kini duduk di posisi ketiga dengan 45 poin. Koleksi poin mereka tertinggal tujuh poin dari Chelsea yang kokoh memimpin puncak klasemen.

Di ajang Piala Liga Inggris atau EFL Cup, langkah the Reds juga menemui batu sandungan karena kalah 0-1 pada leg pertama di markas sesama tim Liga Primer Inggris, Southampton. Tugas Jordan Henderson dan kawan-kawan pun menjadi berat untuk lolos ke final karena harus menang pada laga yang digelar 26 Januari mendatang.

Bintang Liverpool, Philipe Coutinho, meminta rekan-rekannya untuk segera padu menatap sisa musim ini. Menurut dia, belum saatnya Liverpool menyerah karena musim ini masih tersisa sangat panjang. "Kami harus berkerja bersama-sama dan terus membangun kepercayaan diri agar bisa meraih hasil laga yang positif. Kerja keras selalu jadi kunci," kata Coutinho seperti dikutip dari Sky Sports, Selasa (17/1).

Coutinho mengatakan, musim ini sebenarnya sangat menjanjikan bagi Liverpool. Selain masih belum terbuang dari persaingan Liga Primer Inggris, timnya juga tidak menutup peluang menjuarai Liga Europa, EFL Cup, dan Piala FA.

Untuk itu, dia berharap satu per satu tugas di setiap pertandingan bisa dilaksanakan dengan baik. Termasuk saat bertandang ke Stadion Home Park.

Menurut Coutinho, standar permainan the Kop tak boleh menurun karena Plymouth sudah pernah menunjukkan kualitas mereka. "Piala FA sangat penting bagi kami. Tentu suasana stadion lawan akan sangat menekan kami, tapi saya pikir kami membutuhkan kemenangan ini," kata pemain asal Brasil ini.

Bagi kubu tuan rumah, laga kontra pengoleksi 18 gelar juara Liga Primer Inggris itu nanti adalah segalanya. Menurut pelatih Plymouth Derek Adams, sulit untuk tidak menjadikan laga kontra Liverpool sebagai prioritas.

Sekalipun Adams menyadari timnya bukanlah tandingan di atas kertas, dia mengaku masih menyimpan hasrat untuk bisa meraih kemenangan. "Memang kemungkinannya nyaris tak ada, tapi mereka akan datang dan semua isi kota membicarakannya. Jadi, mari lihat yang terjadi," kata Adams kepada Plymouth Heralds.

Adams mengatakan, meski kalah secara materi pemain, the Green Army punya modal motivasi dan dorongan semangat dari warga setempat untuk bisa menaklukkan Liverpool. Dia mengatakan, pesan dorongan semangat kepada timnya sudah mengalir sepanjang waktu sejak mereka bisa menahan seri Liverpool di Anfield.

Pelatih berusia 41 tahun ini pun berharap ada keajaiban yang kembali terulang. Terlebih, menurut Adams, saat ini tim besutannya sedang dalam semangat tinggi karena sukses menduduki peringkat kedua klasemen sementara League Two. "Kami punya musim yang fantastis. Tentu kemenangan atas Liverpool akan sangat menambah kesan pada musim ini," kata Adams.       rep: Gilang Akbar Prambadi, ed: Citra Listya Rini

Prediksi Susunan Pemain :
Plymouth (4-1-4-1): McCormick; Purrington, Bradley, Songo'o, Miller; Fox; Slew, Carey, Threlkeld, Jervis; Garita.

Liverpool (4-3-3): Karius; Moreno, Klavan, Gomez, Arnold; Leiva, Stewart, Can; Coutinho, Origi, Ojo.