Jumat 09 Dec 2016 16:00 WIB

Sengit di 16 Besar

Red:

MADRID — Liga Champions Eropa sudah menyelesaikan babak penyisihan grup, Kamis (8/12). Enam belas klub sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Namun, musim ini seperti menjadi musim kejutan bagi kompetisi paling bergengsi di benua biru.

Sejumlah klub besar langganan Liga Champions harus 'finis' di posisi kedua grup. Real Madrid, Bayern Muenchen, Paris Saint Germain (PSG), bahkan Manchester City harus merelakan peringkat pertama diraih klub lain. Selain empat tim itu, masih ada nama klub besar lainnya, antara lain, Bayern Leverkusen, Porto, Benfica, dan Sevilla.

Real Madrid harus merelakan posisi pertama ke tangan klub Borussia Dortmund setelah menuai hasil imbang melawan tim Jerman itu di Santiago Bernabeu, Kamis (8/12) dini hari WIB.

Bayern Muenchen bahkan lebih dulu harus pasrah menerima urutan kedua setelah Atletico Madrid mengambil lima pertandingan dengan kemenangan. Paris Saint Germain (PSG) yang menargetkan 'finis' di urutan pertama, juga harus mengakui keunggulan Arsenal dan pasrah di urutan kedua.

Sementara klub Portugal, FC Porto, juga harus mengakui keperkasaan tim kejutan Leicester City meskipun dalam pertemuan terakhir mereka membantai klub Liga Primer Inggris tersebut.

Di peringkat pertama, muncul beberapa tim kejutan. Selain nama besar Barcelona, Arsenal, Atletico Madrid, dan Juventus, muncul Leicester City, Napoli, AS Monaco, dan Borussia Dortmund. Beberapa tim justru tidak diunggulkan di Liga Champions Eropa.

Namun, hal itu justru mematahkan target tim-tim unggulan, seperti PSG, El Real, ataupun Muenchen. Hasil ini memang memberi kekecewaan pada tim-tim besar langganan Liga Champions.

Secara sistem, pengundian babak 16 besar akan mempertemukan peringkat pertama grup melawan peringkat kedua. Setiap klub berusaha untuk berada di peringkat teratas agar tidak bertemu tim kuat (juara) dari grup lain.

Namun, hasil penyisihan grup Liga Champions musim ini membuat peluang perang bintang lebih awal bakal terjadi. Tim-tim besar di peringkat kedua sangat mungkin bertemu dengan tim besar di peringkat pertama.

Sebagian tim memang berharap untuk tidak bertemu dengan tim yang dianggap mereka tangguh di awal. Real Madrid, misalnya, berharap tidak bertemu juara Liga Italia, Juventus, dalam 16 besar.

Namun, tidak ada yang dapat mereka lakukan. Semuanya tergantung dari pengundian yang akan digelar awal pekan depan. Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengakui secara terbuka dia berharap tidak bertemu dengan Juventus, klub yang pernah dibelanya itu.

"Saya tidak ingin bertemu Juventus untuk dua alasan, tapi tak ada yang dapat kami lakukan untuk itu," tutur Zidane dikutip dari Reuters, Kamis (8/12).

Namun, pemain El Real, Karim Benzema, lebih optimistis menatap babak 16 besar. Menurut penyerang asal Prancis itu, tidak ada bedanya 'finis' di urutan pertama atau kedua kalau ingin menjadi juara Liga Champions. "Untuk memenangkan Liga Champions, tidak masalah jika Anda 'finis' pertama atau kedua grup," ujar Benzema dikutip dari Football Espana.

Sebelumnya, PSG juga menyatakan kekecewaan mereka usai ditahan imbang Ludogoretz dan memaksa mereka hanya duduk di posisi kedua grup. Padahal, sejak mulai penyisihan grup, PSG menargetkan untuk 'finis' di urutan pertama. Namun, hasil berbicara lain, mereka kalah dalam pengumpulan angka dibanding klub Liga Primer Inggris, Arsenal. PSG harus puas berada di urutan kedua klasemen grup

Pelatih PSG, Unai Emery, mengungkapkan kekecewaannya berada di peringkat kedua. Terlebih, kata Emery, timnya bermain sangat bagus saat bertandang ke London, markas Arsenal. Seharusnya, laga terakhir melawan Ludogorets menjadi laga yang siap mengantar mereka ke posisi teratas grup.

"Kami memiliki kesempatan untuk memenangkan laga (Ludogorets) dan 'finis' di peringkat pertama, tapi kami tidak berhasil mengambil kesempatan ini," ujar Emery dikutip dari laman resmi PSG.

Semua sudah terjadi. Seluruh tim sudah menyelesaikan penyisihan grup. Mereka yang lolos sedang menunggu dan bertanya-tanya siapa yang akan menjadi lawan mereka di babak 16 besar.

Tim manapun di peringkat pertama berpeluang besar untuk melawan tim besar yang terperosok di urutan kedua. Siapa pun belum mengetahuinya, tapi yang pasti, perang bintang bisa dimulai sejak awal. Seperti kata Ancelotti yang tetap optimistis setelah menerima posisi Muenchen di peringkat kedua.

"Sekarang kami hanya bisa menunggu hasil pengundian, ada banyak pertandingan yang tidak mudah untuk semua tim setelah babak 16 besar," ujar dia dikutip dari laman resmi Muenchen.       ed: Abdullah Sammy

Tim yang Lolos Sebagai Juara Grup

- Arsena

l- Leicester

- AS Monaco

- Atletico Madrid

- Napoli

- Barcelona

- Borussia Dortmund

- Juventus

Runner-up Grup

- PSG

- Leverkusen

- Muenchen

- Porto

- Benfica

- Man City

- Sevilla

- Real Madrid

Catatan

- Tim asal satu negara tak mungkin bertemu di 16 besar

- Tim yang berasal dari satu grup juga tak mungkin bertemu di 16 besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement