Selasa 29 Nov 2016 14:00 WIB

Cedera Buat Juventus Terpuruk

Red:

GENOA--Sejak awal musim 2016-2017 Juventus melangkah mulus dengan status pemuncak klesemen Seri A. Ditinggal bintang lapangan tengah Paul Pogba ternyata tak membuat kekuatan Bianconeri goyang. Tambahan kekuatan dengan mendatangkan Mralem Pjanic dan penyerang Gonzalo Higuain membuat Massimiliano Alegri tak pusing menentukan skuat terbaik.

Hingga giornata ke-13, hanya dua tim yang dapat mengalahkan Gianluigi Buffon dan kawan-kawan, yaitu dari sesama tim besar Italia, Inter Milan dan AC Milan. Selebihnya, 11 pertandingan lainnya dilahap Juventus dengan kemenangan.

Kejutan datang pada giornata ke-14. Bertandang ke Stadion Luigi Ferraris, markas klub kuda hitam Genoa, Ahad (27/11) malam WIB, secara mengejutkan Juventus kalah dengan skor 1-3. Laga ini merupakan kali pertama La Vecchia Signora kesulitan menghadapi tim yang bukan berlabel klub besar.

Malahan, pada babak pertama Juventus tertinggal tiga gol oleh I Rossoblu. Tim besutan Ivan Juric bermain efektif yang membuat pertahanan Juventus yang malam itu terkesan keropos kerepotan. Hanya tendangan bebas Pjanic yang mampu membuat Juve dapat memperkecil skor ketika pertandingan tak lama lagi akan berakhir.

Kekalahan ini tak membuat posisi capolista di genggaman Mario Mandzukic dan kawan-kawan lepas. Tapi, perolehan angka mereka dapat dipangkas AS Roma dan AC Milan di posisi dua dan tiga yang hanya berjarak empat angka saja dengan Juventus.

"Kami tak dapat berbuat banyak ketika lawan (Genoa) bermain kasar. Memang, ketika kita sudah menderita secara fisik, kemenangan akan sulit diraih," kata Alegri usai laga, dikutip dari Football Italia.

Skuat Hitam Putih bertandang ke Kota Genoa dalam keadaan tak bugar. Mereka dihadapkan dengan agenda padat sejak awal musim. Saat jeda internasional, rata-rata pemain Juventus memperkuat tim nasional. Sebelum berangkat ke Genoa, Juventus baru memeras keringkat di markas Sevilla untuk melanjutkan perjuangan di Liga Champions.

Agenda padat tersebut membuat banyak dari punggawa Juventus terkapar cedera. Saat melawan Il Grifone, ada dua pemain yang dikonfirmasi menderita cedera. Dua-duanya dari lini pertahanan, yakni Leonardo Bonucci dan Dani Alves. Bonucci hanya bertahan di lapangan selama 33 menit karena ada masalah pada otot paha kiri.

Dani Alves lebih parah. Bek asal Brasil itu didiagnosis mengalami patah tulang fibula sebelah kiri setelah berbenturan keras dengan pemain Genoa. Hal itu membuat Alves akan menjalani perawatan selama empat bulan ke depan. Kondisi ini membuat kening Alegri mengerut karena lini pertananan timnya semakin riskan. Giorgio Chiellini kerap keluar masuk ruang medis karena cedera ototnya sering kambuh.

Andrea Barzagli juga dipastikan tak dapat merumput pada sisa 2016 karena bahunya bermasalah ketika latihan membela timnas Italia. Tinggallah bek muda Daniele Rugani dan Medhi Benatia yang dalam kondisi siap menjadi benteng pertahanan.

Ke depannya, Juventus terpaksa menarik salah satu dari Stephan Lichsteiner dan Patrice Evra sebagai bek tengah. Dua pemain yang posisi aslinya adalah bek sayap. Kondisi timpang ini membuat juara bertahan Seri A lima tahun terakhir ini khawatir karena untuk bulan depan agenda mereka masih sangat padat. Ada enam laga resmi yang harus dijalani Bianconeri, yaitu Seri A, Liga Champions, dan Super Coppa Italia.       rep: Febrian Fachri, ed: Abdullah Sammy

Daftar Pemain Juventus yang Cedera

- Andrea Barzagli    cedera bahu    merumput kembali awal 2017

- Leonardo Bonucci  cedera pangkal paha     masih dalam pemeriksaan

- Giorgio Chiellini       cedera kambuhan di betis    fit untuk laga berikutnya

- Dani Alves     patah tulang fibula   absen selama lima bulan

- Mario Lemina    cedera kaki kanan   fit untuk laga berikutnya

- Marko Pjaca      cedera kaki kiri  pemulihan dalam dua pekan

- Paulo Dybala      hamstring    fit untuk laga berikutnya

Hasil Pekan ke-14 Liga Italia Seri A:

Torino 2-1 Chievo

Verona Empoli 1-4 AC Milan

Palermo 0-1 Lazio

Bologna 0-2 Atalanta

Cagliari 2-1 Udinese

Crotone 1-1 Sampdoria

Genoa 3-1 Juventus

AS Roma 3-2 Pescara

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement