Kamis 20 Oct 2016 14:00 WIB

Memori Van Persie

Red:

MANCHESTER -- Liga Primer Inggris 2012/2013 menjadi musim yang tak mungkin bisa dilupakan Robin van Persie. Sepak terjangnya kala itu benar-benar sangat istimewa dalam perjalanan karier pemain asal Belanda tersebut.

Dimulai sejak sebelum kick-off musim bergulir, aksi Van Persie sudah membuat kehebohan yang langsung mencuri banyak perhatian, baik di Inggris maupun dunia. Saat itu, keputusannya untuk berani bergabung dengan Manchester United (MU) meski tengah berstatus sebagai kapten Arsenal menimbulkan kontroversi, khususnya di kalangan para pencinta the Gunners.

Sebab, selain menjabat kapten, van Persie juga idola serta pemain paling diandalkan oleh Arsenal dalam mendulang poin karena keahliannya mencetak gol. Tak hanya itu, Van Persie juga berstatus sebagai pemain senior di Arsenal dengan masa bakti delapan tahun pengabdian.

Meski dilingkari hujatan, tahun pertama kariernya di MU berjalan sangat mulus. Gelar Liga Primer Inggris yang dinantikannya sejak datang ke bumi Ratu Elizabeth tahun 2004 silam sukses diraih. Pencapaian pemain kidal tersebut kian sempurna karena sumbangan kaki dan kepalanya yang sukses menyumbang 26 gol bagi MU di Liga Primer Inggris menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak musim itu.

Usai musim perdana yang gemilang, Van Persie menjalani dua tahun berikutnya bersama MU. Namun, minim prestasi yang didapat. Selain karena faktor Iblis Merah yang ditinggalkan Sir Alex Ferguson, cedera kambuhan pada engkel kanannya membuat dia kemudian memilih hengkang dari United pada era kepelatihan Louis van Gaal, musim 2014/2015.

Meski demikian, peraih dua gelar top skorer Liga Primer Inggris ini terbilang sukses menjalani karier di MU dengan sumbangan 58 golnya di semua ajang dan mencatatkan namanya sebagai salah satu legenda di United.

Kini, Van Persie akan kembali menyambangi markas MU, Stadion Old Trafford untuk pertama kalinya sejak pergi dua tahun silam. Striker yang sekarang memperkuat klub Liga Super Turki, Fenerbahce ini akan memimpin timnya menghadapi MU dalam laga babak penyisihan Liga Europa.

Sang pemain tak menampik, laga nanti akan dijalaninya dengan sarat emosi. Van Persie mengatakan, MU sudah menjadi klub yang memberikannya kesempatan untuk mewujudkan impian dia merasakan trofi liga di Inggris.

"Sejak mengetahui Fenerbahce satu grup dengan United, bagi saya ini sudah jadi grup yang fantastis. Tentunya, laga melawan United di Old Trafford paling saya tunggu, begitu banyak kenangan di sana," kata Van Persie, dikutip dari Express, Rabu (19/10).

Van Persie mengatakan, pada laga yang akan digelar Jumat (21/10) dini hari WIB tersebut, dia akan berusaha tampil setajam mungkin. Meski paham andai aksinya berbuah gol akan merepotkan MU, menurut dia, itu akan membuat tim besutan Jose Mourinho berusaha keras.

"United sekarang sudah jauh berubah sejak saya pergi. Saya benar-benar sudah tak sabar dan berharap bisa bermain baik di sana," kata pemain berusia33 tahun ini.

Sambutan pralaga untuk Van Persie pun sudah dilayangkan oleh kubu United. Kapten MU Wayne Rooney mengaku sudah tak sabar untuk menjamu Fenerbahce, dan itu bukan sekadar karena ingin secepatnya menambah poin di Grup A.

Melalui akun Instagram resminya, @waynerooney, pemain berusia 30 tahun ini menantikan kedatangan eks tandemnya di lini depan. "Sangat-sangat menantikan pertandingan nanti melawan Fenerbahce dan melihat teman dan rekan tim lama saya, Robin van Persie," kata Rooney sambil memajang foto saat merayakan gol bersama Van Persie.

Saat ini MU masih tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi empat poin, tertinggal seangka dari Feyenoord di peringkat pertama dan Fenerbahce di posisi kedua. Seusai melawan Fenerbahce, MU sudah ditunggu laga berat lainnya.

Dua hari setelah melakoni laga Liga Europa di Old Trafford, MU akan bertandang ke markas Chelsea, Ahad (23/10). Rooney pun berharap konsentrasi timnya masih bisa terbagi dengan baik. "Setelah Fenerbahce, laga penting lainnya menunggu. Kami akan menunjukkan mampu lolos dari pekan yang berat ini," kata dia.    rep: Gilang Akbar Prambadi, ed: Abdullah Sammy

Preview MU vs Fenerbahce

Prediksi susunan pemain MU :

Formasi : 4-2-3-1

Kiper : De Gea

Bek tengah : Bailly dan Smalling

Bek kiri : Shaw

Bek kanan : Valencia

Gelandang bertahan : Pogba dan Herrera

Gelandang serang : Mata, Rooney, Martial

Striker : Rashford

Prediksi susunan pemain Fenerbahce :

Formasi : 4-3-3

Kiper : Demirel

Bek tengah : Skrtel dan Kjaer

Bek kiri : Koybasi

Bek kanan : Ozbayrakli

Gelandang bertahan : Souza, Topal, dan Tufan

Striker : Sen, Van Persie, Emineke

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement