Rabu 24 Aug 2016 13:00 WIB

Laju Kencang Barca dan Madrid

Red:

MADRID -- Dua raksasa La Liga Primer Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, langsung 'tancap gas' di jornada pertama La Liga 2016/2017. Dua klub yang punya kekuatan ekonomi paling stabil di negeri Matador itu melumat habis lawannya dengan skor telak.

Barcelona menang besar 6-2 dari Real Betis di Camp Nou pada Sabtu (20/8) malam WIB. Sehari berselang, giliran Los Blancos 'mencukur' tuan rumah Real Sociedad 3-0 di markas lawan, Stadion Anoeta Kota San Sebastian.

Hasil ini berbeda jauh dari pekan perdana Primera Division Spanyol musim lalu. Saat itu, Madrid yang dilatih Rafael Benitez ditahan imbang Sporting Gijon 0-0 di Stadion El Molinon. Barca saat itu susah payah menang 1-0 di San Memes, markas Athletic Bilbao.

Dengan kemenangan ini, Barcelona dan Real Madrid sama-sama berkuasa di puncak klasemen. Blaugrana berada di posisi teratas karena unggul selisih gol dari El Real.

"La Liga baru saja dimulai. Dua favorit Barcelona dan Real Madrid sudah memberi sinyal kepada tim lain bahwa mereka akan mendominasi," begitu analisis harian olahraga di Spanyol, Marca, Selasa (23/8).

Marca menyebut kedalaman skuat yang dimiliki Luis Enrique dan Zinedine Zidane menjadi alasannya. Barca menang besar atas Los Verdiblancos kemarin dengan kondisi minim bintang, seperti Javier Mascherano, Neymar, dan Andres Iniesta.

Hal itu tidak menjadi masalah buat jawara Liga Champions lima kali itu, karena mereka masih punya Lionel Messi, Luis Suarez, Andre Gomez, dan Arda Turan di tubuh tim.

Suarez langsung mencetak hattrick ke gawang Betis. Messi mencetak dua gol dan satu lagi disumbangkan Turan. Absennya Mascherano juga tak terasa karena bek baru, Samuel Umtiti, langsung nyetel dengan Gerard Pique lini belakang Barcelona.

"Ini adalah performa yang sangat memuaskan. Semua pemain kami berani tampil lepas. Pemain lama dan pemain baru sudah menyatu," kata Enrique, dikutip dari Football Espana.

Madrid pun demikian. El Vikingos membawa pulang kemenangan di markas Sociedad tanpa mengikutsertakan Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Luka Modric, Keylor Navas, dan Pepe. Andalan lini depan Madrid bahkan hanya dua penyerang baru Alvaro Morata dan Gareth Bale serta sokongan dari Marco Asensio. Dua nama terakhir adalah penentu kemenangan Madrid atas La Real. Bale memborong dua gol dan Asensio satu gol.

Zidane pun tak kalah bergairah untuk memulai musim baru La Liga. Pelatih yang musim lalu memberikan gelar juara Liga Champions untuk El Merengues tersebut, ingin semua pemain Madrid berkontribusi sama besar musim ini.

"Semua pemain punya arti penting. Semua harus jadi yang terbaik," ujar Zidane. Zidane yang merupakan bagian dari skuat Los Galacticos jilid pertama kini ingin mengubah stigma tentang Real Madrid yang selalu mengandalkan pemain bintang berharga mahal untuk menyegel gelar juara.

Pria Prancis 44 tahun itu tak mengeluh sedikit pun tentang Madrid yang hanya mendapatkan Alvaro Morata di jendela transfer musim panas. Bagi Zidane, kini sudah saatnya Madrid memanfaatkan potensi setiap pemain yang ada.

Salah satu yang membuat Zidane bangga adalah kemampuan Asensio yang perlahan membuktikan bisa menjadi gelandang andalan Si Putih. Padahal, sejak awal tak banyak yang berekspektasi tinggi terhadap pemain yang musim lalu dipinjamkan ke Espanyol itu.

Bila Barcelona dan Real Madrid cemerlang di jornada pembuka, tidak demikian dengan klub Ibu Kota Spanyol lainnya Atletico Madrid. Tim yang musim lalu mengakhiri kompetisi La Liga di peringkat ketiga itu malah ditahan imbang oleh tim promosi Deportivo Alaves di kandang sendiri 1-1.

Tim asuhan Diego Simeone itu padahal sudah turun dengan kekuatan terbaik. Mereka diperkuat Antoine Griezmann, Nicolas Gaitan, Kevin Gameiro, dan andalan musim lalu lainnya.

Namun, mereka baru bisa membobol gawang Alaves di injury time, itu pun lewat eksekusi penalti Gameiro. Dan di saat sudah merasa yakin akan menang 1-0, Alaves secara mengejutkan membobol gawang Jan Oblak saat menjelang laga berakhir. Terlihat wajah Simeone sangat tidak senang dengan laga yang berlangsung Senin (22/8) dini hari WIB tersebut.   rep: Febrian Fachri, ed: Abdullah Sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement