Jumat 29 Jul 2016 13:00 WIB

Perjuangan Berat Pemain Pelapis Barcelona

Red:

Barcelona boleh dibilang sebagai klub La Liga paling sibuk di jendela transfer musim panas ini. Empat pemain baru sudah berhasil didaratkan ke Camp Nou. Di lini tengah, dua muka baru Los Azulgrana adalah Denis Suarez dan Andre Gomes. Untuk lini bertahan, kepergian Daniel Alves diganti dengan dua bek asal Prancis, Samuel Umtiti dan Lucas Digne.

Total Juara La Liga musim lalu itu sudah membelanjakan uangnya sekitar 67 juta poundsterling. Dikutip dari Trans Markt, pembelian Barca adalah 29,75 juta pound untuk Gomes, 21,25 juta pound untuk membeli Umtiti, 14,03 juta pound untuk Digne, dan 2,76 juta pound untuk membeli Suarez.

Akhir musim lalu, usai merayakan gelar juara liga, pelatih Luis Enrique memang ingin fokus membenani lini belakang. Barca sebagai jawara kalah jauh dibandingkan klub peringkat tiga Atletico Madrid dalam urusan pertahanan. Tiga pemain bertahan sudah hengkang dari Blaugrana yaitu Daniel Alves, Adriano, dan Marc Bartra.

"Kami ingin membuat pertahanan kami musim depan lebih kuat," kata Enrique, Mei lalu.

Walau tiga bek sudah keluar, stok pemain bertahan Barca tetap sesak dengan masuknya Digne dan Umtiti. Karena sebelumnya sudah ada Jordi Alba, Aleix Vidal, dan Martin Montoya.

Penambalan kekuatan Barca tidak hanya di sektor belakang. Mereka juga seperti belum puas dengan lini tengah. Walau sudah ada Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Andres Iniesta, Rafinha, Sergi Roberto, dan Arda Turan, Barca tetap ngotot membeli Gomez dan memulangkan Suarez. Denis Suarez dipulangkan setelah bersinar bersama Villarreal musim lalu.

Sebelumnya, ia adalah pemain milik Blaugrana sejak dari akademi La Masia. Dan ia pernah masuk tim utama Barca dua musim dari 2013-2014. Pernah juga dipinjamkan ke Sevilla pada musim 2014-2015.

Mudik klub lamanya disambut dengan senang hati oleh Suarez. Namun, pemain tim nasional Spanyol itu memilih bersikap realistis dengan masa kedua pengabdiannya di Barcelona.

Ia menyadari di depannya ada banyak pemain tengah hebat yang bahkan sudah dikatakan pemain kelas dunia. Akan sangat sulit baginya menggeser nama pemain utama musim lalu, yaitu trio Busquets, Rakitic, dan Iniesta.

"Saya mengambil risiko pulang ke Barcelona. Klub kelas dunia yang punya minimal dua pemain untuk satu posisi," ujar Suarez, dikutip dari Football Espana.

Nada kekhawatiran yang diutarakan Suarez tidak dirasakan oleh Gomes. Pemain yang baru dibeli dari Valencia itu dengan percaya diri datang ke klub terbesar Provinsi Catalan itu karena ingin menjadi pemain yang sukses dengan berbagai gelar juara.

Gomes tak memedulikan situasi sesaknya lini tengah Barca. Pemain 22 tahun yang baru saja memenangkan Piala Eropa bersama Portugal itu yakin kemampuannya bisa masuk ke dalam tim inti Barca.

"Tujuan saya ke sini untuk memenangkan banyak hal. Saya ingin jadi pemain sukses," kata Gomes, dikutip dari Marca, Rabu (27/9).   Oleh Febrian Fachri, ed: Abdullah Sammy

Catatan aktivitas transfer Barca musim ini:

Pemain datang

Andre Gomes  Gelandang  Valencia

Samuel Umtiti  Bek Tengah  LyonLucas

Digne  Bek Kiri  PSG

Denis Suarez  Sayap kiri  Villarreal

Pemain Keluar

Dani Alves  Bek Kanan  Juventus

Marc Bartra Bek Tengah  Dortmund

Adriano  Bek Kiri  Besiktas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement