Jumat 29 Jul 2016 13:00 WIB

Pogba Menuju MU

Red:

TURIN -- Kepindahan Paul Pogba ke Manchester United (MU) dilaporkan tak lama lagi menjadi kenyataan. Juventus dan MU hampir menyetujui kesepakatan bagi Pogba untuk bergabung dengan klub Inggris itu.

Media Italia Sky Sport seperti dikutip dari Football Italia, Kamis (28/7) melaporkan, MU akan membayar Nyonya Tua dengan biaya fantastis, 110 juta euro (Rp 1,59 triliun) ditambah berbagai biaya tambahan. Perjanjian formal direncanakan selesai dalam dua hari ke depan.

"The Red Devils akan membayar 110 juta euro (Rp 1,6 triliun) dengan terdapat biaya tambahan ke Juventus," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Kamis (28/7).

Jika itu terjadi, Pogba bakal memecahkan rekor penjualan termahal dunia. Mandeknya negosiasi disebabkan masih ada deal bonus dengan agen sang gelandang, Mino Raiola. Kesepakatan terhambat karena klub tidak ingin membayar fee sebesar 20 juta euro (Rp 300 miliar) untuk agen Raiola yang berperan dalam mewujudkan transfer ini.

"Masalah ini sudah diselesaikan, perjanjian formal akan terjadi dalam 48 jam ke depan," kata laporan tersebut.

Belakangan rumor kepindahan Pogba dari Turin santer terdengar. Juve terlihat mengantisipasi ketika mendatangkan Miralem Pjanic dan Marko Pjaca.

Kubu Bianconeri baru saja mengeluarkan dana 90 juta euro (Rp 1,3 triliun) untuk membeli Gonzaalo Higuain dari Napoli. Hal itu memperbesar peluang mereka melepas gelandang 23 tahun itu. Penjualan Pogba disebut untuk menutup pembelian Higuain seharga 90 juta euro.

Pemain 23 tahun itu akan kembali ke Inggris setelah empat tahun dan empat gelar Serie A di Turin. Juve masih akan mendapat keuntungan dari penjualan Pogba untuk mendatangkan seorang gelandang baru.

Walau semakin mendekat ke MU, namun Real Madrid dikabarkan belum mau menyerah untuk membujuk Pogba. Sebelum dikaitkan dengan MU, Paul Pogba diburu Real Madrid.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane, melihat peluang timnya mendatangkan Pogba masih terbuka. Setidaknya, hingga hari terakhir bursa transfer musim panas.

"Apa pun bisa terjadi hingga 31 Agustus," kata entrenador 44 tahun itu dalam konferensi pers. Dia mengakui, pemain sekelas Pogba diinginkan semua klub. Termasuk Los Blancos. Namun, ia melihat skuatnya masih diisi para penggawa kelas wahid.

"Sulit bagi Madrid meningkatkan skuat, kami selalu memiliki yang terbaik. Kami telah menang dengan skuat ini," ujar Zizou.

Namun, Madrid pun sudah menyiapkan akternatif andaikan Pogba urung didatangkan. Alternatif itu adalah gelandang Newcastle, Moussa Sissoko. Harga yang dipatok Newcastle untuk Sissoko dikabarkan sebesar 30 juta poundsterling.

Newcastle berharap, Los Blancos segera memboyong pemainnya tersebut dalam beberapa pekan ke depan. Mengingat Newcastle sendiri membutuhkan dana segera untuk belanja pemain pada bursa panas ini, setelah terdegradasi ke Divisi Championship.

Dilansir The Telegraph, pengusa Eropa itu tertarik untuk mendatangkan gelandang top pada bursa transfer musim panas ini. Hanya saja, laporan yang beredar mengatakan, mereka tidak punya kekuatan finansial untuk bersaing dengan klub seperti United dan Barcelona.

Akhirnya, sebagai gantinya mereka membidik Sissoko dari Newcastle, yang tak lain merupakan partner Pogba di timnas Prancis pada Piala Eropa 2016 lalu. Sissoko mampu tampil mengesankan di ajang empat tahunan tersebut.

Sebelum gelaran Piala Eropa, West Brom sudah tertarik ingin mendatangkan Sissoko. Sementara Dortmund, Juventus, dan Everton, juga sudah menyatakan ketertarikannya usai turnamen berakhir. Berhasil tampil gemilang di Piala Eropa 2016, membuat Newcastle menaikkan nilai jual Sissoko dari 22 juta poundsterling menjadi 30 juta poundsteling.   rep: Frederikus Bata, ed: Abdullah Sammy

***

Fakta Seputar Pogba:

Dilepas secara gratis: Paul Pogba sejatinya adalah pemain yang dibesarkan oleh tim junior MU. Namun, dia dilepas secara gratis pada 2012 akibat tak ada jaminan tampil di tim utama.

Konflik Raiola: Sejak polemik pelepasannya pada 2012, kubu Manchester United terlibat konflik dengan agen Pogba Mino Raiola. Bahkan, Alex Ferguson menyebut Raiola sebagai salah satu agen yang paling dia benci.

Rekor: Jika transfer Pogba ke MU terwujud maka ini akan menjadi rekor transfer termahal di dunia. Hebatnya, transfer ini dicetak hanya selang empat tahun setelah harga Pogba masih nol euro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement