Ahad 24 Jul 2016 19:30 WIB

Liverpool Datangkan Wijnaldum

Red: Arifin

LIVERPOOL -- Liverpool telah resmi mendatangkan Georginio Wijnal dum dari Newcastle United. Dilansir dari BBC, Sabtu (23/7), nilai transfer untuk merekrut gelandang timnas Belanda itu dilaporkan sebesar 25 juta poundsterling. Pemain berusia 25 tahun, yang telah menjalani tes medis dengan the Reds pada Jumat (22/7) itu, akan merumput di Liverpool dengan durasi kontrak lima tahun.

Wijnaldum bergabung dengan Newcastle dengan nilai transfer sebesar 14,5 juta pound dari PSV Eindhoven pada Juli 2015 silam. Musim lalu, ia mencatatkan 38 penampilan dan mencetak 11 gol di Liga Primer. Sayang, ia gagal menyelamatkan klubnya dari degradasi pada akhir musim.

Gelandang tersebut merupakan perekrutan ketujuh the Reds musim panas sejauh ini. Liverpool kabarnya membayar biaya awal sebesar 23 juta pounds dengan syarat tambahan sebesar 2 juta pounds yang akan dibayar belakangan.

Wijnaldum akan bergabung dengan the Reds pada tur pramusim mereka di Amerika, saat mereka bermain melawan Chelsea (27 Juli), AC Milan (30 Juli), dan AS Roma (1 Agustus).

Usai menandatangani kontrak, gelandang Newcastle United itu mengungkapkan tekadnya membantu the Reds memenangkan trofi musim depan. Pemain berusia 25 tahun itu mengatakan, Liverpool adalah klub dengan sejarah luar biasa. Tentunya, ia ingin mendapatkan lebih banyak sejarah yang besar dan ingin menjadi bagian di dalamnya.

"Itulah yang saya inginkan. Saya datang kesini untuk memenangkan sesuatu dan saya akan melakukan segalanya untuk mewujudkannya. Saya menantikan untuk bekerja dengan Klopp. Saya pernah bertemu dengannya suatu waktu," ungkap Wijnaldum, dilansir dari Sports Mole, Sabtu (23/7).

Ia juga mengungkapkan manajer the Reds Juergen Klopp memainkan peranan besar dalam keputusannya bergabung dengan klub Merseyside tersebut. Wijnaldum mengatakan, ia pernah melakukan percakapan dengan Klopp.

Usai percakapan tersebut, ia lantas ingin bergabung dengan the Reds. Pelatih asal Jerman itu telah meyakinkannya untuk merumput di Anfield. 

Klopp memprediksi Wijnaldum bakal menjadi pemain besar untuk the Reds. Eks pelatih Borussia Dortmund itu mengaku senang karena Wijnaldum bisa bergabung dengan timnya. Saat ini, Klopp menantikan kedatangan pemain berusia 25 tahun itu untuk bergabung dalam tur pramusim di Amerika Serikat.

"Saya pikir dia bisa menjadi pemain hebat bagi kami. Dia telah menunjukkan beberapa momen yang sangat baik dalam kariernya, tapi yang paling penting dan menarik bagi saya dan staf ialah ia bisa berkembang lebih baik lagi," ujar Klopp.

Pelatih asal Jerman ini mengaku telah berbicara dengan Wijnaldum tentang pentingnya kerja sama untuk membawa tim meraih kesuksesan. Menurutnya, pemain berusia 25 tahun itu sudah memiliki banyak pengalaman di timnas Belanda. 

Selain menjadi kapten pada usia muda di Belanda, sang pemain juga berpengalaman saat musim Liga Primer yang sulit. Karena itu, menurut Klopp, pengalaman itu memberinya fondasi yang bagus untuk menghadapi tantangan besar di Anfield.

Tidak hanya itu, Wijnaldum juga bisa memainkan beberapa posisi. Biasanya, kata Klopp, pemain yang besar di Belanda memiliki pemahaman taktik dan memiliki fleksibilitas yang bagus.

"Itu benar-benar penting. Saya tidak sabar melihatnya saat latihan. Para penggemar juga pasti ingin melihatnya bermain dengan seragam Liverpool," katanya menambahkan.

Wijnaldum memulai kariernya di Feyenoord dan membuat debut seniornya pada tahun 2007. Pada 2011, ia pindah ke PSV dan menampilkan performa terbaiknya yang membuatnya dipanggil timnas senior Belanda pada tahun yang sama. Bersama tim Oranye, ia telah membuat 30 penampilan dan membawa tim itu finis di posisi ketiga pada Piala Dunia 2014.   rep: Kiki Sakinah, ed: Fernan Rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement