Jumat 22 Jul 2016 16:00 WIB

Persib Bidik Papan Atas

Red:

JAKARTA -- Persib Bandung terus membidik papan atas klasemen Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Selepas tercecer di papan tengah klasemen, posisi Persib semakin membaik.

Terbaru, dalam laga tandang kontra Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Kamis (21/7) sore WIB, Maung Bandung menang dua gol tanpa balas. Gol-gol kemenangan Persib dibukukan oleh eksekusi penalti bek Vladimir Vujovic pada injury time babak pertama serta sepakan kaki kiri bomber Samsul Arif menjelang laga berakhir.

Kemenangan ini membuat Persib berhasil menghentikan rekor tak pernah menan pada laga tandang ISC A. Tidak hanya itu, Persib juga menghapus kutukan tak pernah menang di markas Mutiara Hitam sepanjang sejarah kompetisi sepak bola Indonesia.

Mengutip akun Twitter resmi @labbola, Maung Bandung menjadi tim lokal kedua yang mampu mengalahkan Persipura di Stadion Mandala dalam kurun waktu delapan tahun terakhir. Berbicara selepas pertandingan, pelatih Persib Djadjang Nurdjaman mengaku bersyukur dengan kemenangan ini.

"Karena, selama ini sulit meraih kemenangan di sini. Ini bisa membuat kita bisa menghapus catatan statistik buruk selama ini," katanya, seperti dilansir laman resmi klub. Menurut Djadjang, kunci kemenangan timnya adalah kedisiplinan pemain menjaga ritme permainan.

"Saya senang karena pemain mampu menjalankan instruksi dengan baik," ujarnya. Tak lupa, Djadjang menyebut, keberhasilan menutup aliran bola kepada dua pemain andalan Persipura, Boaz Solossa dan Ferinando Pahabol juga menjadi kunci.

Pelatih Persipura Jafri Sastra mengaku kecewa dengan kekalahan tersebut. "Ini hasil yang tidak diinginkan," katanya.

Menurut Jafri, penalti Vujovic yang berawal dari handsball bek Ricardo Salampessy membuat mental tim terganggu. "Tapi, secara keseluruhan kita tampil di bawah standar," ujar mantan pelatih Semen Padang dan Mitra Kukar ini.

Tambahan tiga angka mendongkrak posisi Persib di papan klasemen sementara. Kini, Maung Bandung berada pada urutan ketujuh klasemen dengan raihan 17 poin.

Persib tertinggal satu angka dari Persipura yang masih berada di peringkat keempat. Sementara, puncak klasemen ditempati Madura United berbekal koleksi 24 poin.

Pada laga lain Madura United sukses menghancurkan PSM Makassar 4-1. Sedangkan, Persiba Balikpapan menaklukkan Persija Jakarta satu gol tanpa balas. Kemudian, laga Pusamania Borneo FC dan Semen Padang berakhir imbang tanpa gol.

Kelanjutan timnas

Terkait persiapan timnas Indonesia menjelang Piala AFF 2016, asisten pelatih timnas Indonesia Wolfgang Pikal mengatakan, hingga saat ini tim pelatih belum melakukan pemanggilan terhadap kandidat pemain. Langkah tersebut baru akan diambil selepas pertemuan para pemangku kepentingan sepak bola Indonesia meliputi Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), PT Gelora Trisula Semesta selaku operator ISC, perwakilan klub, serta tim pelatih pada hari ini.

"Hingga saat ini, kami belum memiliki perkembangan yang berarti untuk timnas Indonesia sampai pertemuan besok (hari ini). Baru setelah ada kesepahaman bersama di antara mereka, kami bisa buat perencanaan dan periodisasi. Kami ingin dukungan dari seluruh klub," ujar Pikal kepada Republika di Jakarta, Kamis (21/7). Pikal mengatakan, pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl menginginkan klub berkenan melepas minimal tiga pemainnya untuk diseleksi. Hal tersebut dinilai tidak terlampau berat bagi klub, sehingga resistensi diharapkan tak akan muncul.

Terlepas dari belum terbentuknya tim, PSSI telah menjadwalkan laga uji coba kontra Malaysia pada 6 September nanti. Laga kemungkinan digelar di Jawa Timur dengan pilihan stadion Gelora Bung Tomo dan Gelora Delta Sidoarjo.

Selain akan berhadapan dengan Malaysia, PSSI juga telah melakukan pembicaraan dengan negara-negara lainnya di kawasan Asia Tenggara untuk beruji coba. Laga persahabatan penting mengingat timnas sudah begitu lama tak bertanding lantaran sanksi FIFA.    rep: Ali Mansur, ed: Muhammad Iqbal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement