Kamis 21 Jul 2016 15:00 WIB

Steve Bruce Yakin Latih Inggris

Red:

LONDON - Federasi Sepak Bola Inggris (FA) terus mencari sosok baru pengganti Roy Hodgson di kursi kepelatihan tim nasional. Terdapat dua nama asli Inggris yang mengerucut, yaitu pelatih Hull City, Steve Bruce, dan pelatih Sunderland, Sam Allardyce.

Selepas wawancara dengan FA, Bruce mengaku, berharap akan ditawari pekerjaan sebagai arsitek the Three Lions. Bruce mengatakan, setiap orang Inggris akan sangat bangga menjadi pelatih tim nasional Inggris.

Mantan kapten Manchester United ini menantikan apa yang akan terjadi hingga akhir pekan ini. Namun, jika benar itu terjadi dan dia dipilih melatih Inggris, Bruce mengatakan, itu akan menjadi hari bahagia.

"Siapa yang tidak ingin menjadi pelatih Timnas Inggris jika anda berasal dari Inggris? Ini pasti menjadi pekerjaan utama yang pernah diinginkan bagi setiap orang Inggris. Saya sangat tersanjung dan sangat berterima kasih sudah dipertimbangkan," katanya seperti dilansir dari Sky Sports, Rabu (20/7).

Hull sebelumnya mengonfirmasi, pada Senin (18/7) waktu setempat bahwa Bruce telah mengadakan pembicaraan dengan Wakil Ketua FA, David Gill, Direktur Teknik, Dan Ashworth, dan Kepala Eksekutif, Martin Glenn.

Bruce berharap, dia telah meyakinkan FA bahwa hasil terbaik bisa digapai Inggris pada masa depan. Apalagi, setelah tersingkir secara memalukan dari ajang Piala Eropa 2016.

"Anda tidak pernah tahu dengan hasil wawancara tersebut. Saya harap itu akan berjalan oke. Saya menjelaskan diri saya dan mari kita berharap saya sukses," kata Bruce yang pernah membesut Birmingham City.

Sebagaimana dijelaskan di awal, pelatih berusia 55 tahun itu disebut-sebut menjadi salah satu kandidat bersama pelatih Sunderland, Sam Allardyce, yang telah diwawancarai FA untuk menggantikan posisi Roy Hodgson. FA dilaporkan tengah berusaha membuat janji pada akhir pekan ini.

Bagaimanapun, Bruce menyadari, dia dihadapkan pada persaingan dengan sahabatnya, Allardyce. Di samping itu, juga ada persaingan dari beberapa calon lain yang muncul.

Namun, Bruce mengatakan, harus menjauhkan rasa takut tersebut, terutama dalam turnamen. "Kami hanya memenangkan satu dari tujuh pertandingan terakhir di dua turnamen, dan kami sudah memiliki beberapa pemain bagus, terutama pemain muda. Itu harus menjadi hal utama," ujarnya.

Sementara itu, Allardyce disebut-sebut sebagai favorit untuk menggantikan Hodgson yang telah dipecat usai tersingkir pada Piala Eropa 2016. FA diketahui lebih memilih kandidat pelatih yang berasal dari Inggris. Pelatih Bournemouth, Eddie Howe, dan pelatih Timnas Amerika Serikat, Juergen Klinsmann, juga dianggap sosok calon yang menarik.

Wenger tepat

Mantan anak asuh Arsene Wenger, Ashley Cole, mendukung pelatih asal Prancis itu untuk maju sebagai juru taktik baru bagi Timnas Inggris. Cole yang namanya dibesarkan Wenger ketika membela Arsenal sedekade silam menilai, tak ada kandidat terbaik selain eks pelatihnya itu.

"Saya tak mengerti, apakah timnas ingin tetap memilih pelatih asli Inggris atau tidak. Namun, menurut saya, Wenger sangat tepat," kata Cole dikutip dari Sky Sports, Rabu. Pemain yang kini memperkuat LA Galaxy di kompetisi MLS ini mengatakan, Wenger adalah sosok yang tepat.    rep: Kiki Sakinah, Gilang Akbar Prambadi, ed: Muhammad Iqbal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement