Senin 27 Jun 2016 21:32 WIB

Inggris Incar Gol Cepat

Red: Arifin

NICE -- Tim nasional Inggris akan bertemu dengan skuat debutan Islandia pada babak 16 besar Piala Eropa 2016 yang akan berlangsung di Stade de Nice, Nice, Prancis, Selasa (28/6) dini hari WIB. Laga nanti akan menjadi perjumpaan kali pertama keduanya sepanjang sejarah di sebuah turnamen besar.

Meskipun lebih diunggulkan memetik kemenangan pada laga nanti, the Three Lions wajib mewaspadai Islandia, yang tak terkalahkan sepanjang babak penyisihan Grup F. Setelah menahan imbang Portugal dan Hungaria, pasukan Lars Lagerbäck dan Heimir Hallgrímsson itu mampu mengalahkan Austria pada laga terakhir.

Optimisme diutarakan kapten tim Inggris, Wayne Rooney, yang dicadangkan pada laga terakhir melawan Slowakia. Menurut bintang Manchester United itu, timnya akan berusaha mencetak gol cepat. Itu disebabkan Islandia merupakan tim dengan ciri khas menumpuk pemain di lini pertahanan.

"Jika kami meraih gol cepat melawan Islandia, maka mereka akan keluar menyerang. Itu lebih kami inginkan (ketimbang tim yang hanya bertahan sepanjang pertandingan-Red)," ujar Rooney dilansir Soccerway, Ahad (26/6).

Meskipun demikian, Rooney juga berkeyakinan timnya bisa meladeni tim yang hanya bertahan sepanjang pertandingan. "Saya kira kami bisa mengubah rencana kami untuk tim manapun yang kami lawan," ujar pemain berusia 30 tahun itu.

Islandia, di Piala Eropa tahun ini kerap disebut sebagai ikan kecil di antara binatang-binatang buas. Namun, performa skuat Lars Lagerback itu mampu membuat mereka diperhitungkan. Pencapaian menjadi runner up Grup F, di atas tim unggulan Portugal, merupakan prestasi terbaik tim dari negara berpenduduk 330 ribu jiwa itu sejauh ini.

Begitu juga jika melihat statistik mereka saat babak kualifikasi lalu, di mana mereka ikut andil menyingkirkan tim kuat Belanda dengan cara selalu menang baik pada laga kandang maupun tandang. Apalagi, sang pelatih, Lars Lagerbäck, selama ini tak pernah kalah tiap timnya melawan Inggris.

Sebelum membesut Islandia, Lagerbäck dikenal sebagai pelatih Swedia. Selama melatih tim Skandinavia tersebut, ia enam kali bertemu Inggris dan tak sekalipun timnya kalah. Ia menorehkan rekor dua kali menang dan empat kali imbang. "Saya telah bermain melawan Inggris enam kali, dan saya tak pernah kalah melawan mereka," ujar dia seperti dilansir /the Guardian.

Satu yang pasti, dikatakan Lagerbäck, ia berhasrat mengantarkan Islandia sampai titik terjauh tahun ini. Sampai manapun raihan prestasi Islandia, akan menjadi catatan manis bagi masa pensiun pelatih berusia 65 tahun itu.

Pemain bintang Islandia, Gyfi Sigurdsson, menyadari timnya menghadapi tugas berat untuk lolos dari babak 16 besar. Melawan Inggris, menurut gelandang Swansea City itu, timnya harus mewaspadai Rooney.

Menurut dia, meskipun tak dipasang sebagai striker pada tiga laga di penyisihan grup, penyerang berjuluk Wazza itu tetap akan menjadi ancaman. "Dia akan menjadi salah satu pemain yang harus kami hentikan jika kami ingin menghentikan permainan mereka," kata Sigurdsson

Pada laga nanti, tampaknya Hodgson akan kembali memasang Harry Kane sebagai striker tunggal. Ia akan ditopang tiga gelandang berkarakter menyerang seperti Raheem Sterling, Adam Lallana, dan Rooney.   rep: Bambang Noroyono, ed: Fernan Rahadi  

***

- Ini akan menjadi pertemuan ketiga antara Inggris dan Islandia. Sejauh ini, Inggris tak terkalahkan setelah memetik hasil imbang 1-1 pada Juni 1982 dan menang 6-1 pada Juni 2004.

- Inggris tak terkalahkan dalam 10 laga terakhir mereka di Piala Eropa, tanpa menyertakan adu penalti.

- Islandia tak terkalahkan dalam Piala Eropa 2016 sejauh ini. Faktanya, mereka hanya kalah sekali dalam sembilan laga kompetitif terakhir (menang empat kali dan imbang empat kali).

- Wayne Rooney mencetak empat gol dalam tiga laga pertama Inggris di turnamen besar (semuanya pada Piala Eropa 2004). Sejak saat itu, ia hanya mencetak dua gol dalam 17 laga.

- Striker Islandia, Kolbeinn Sigthorsson, hanya mencatatkan dua tendangan dalam 245 menit laga di Piala Eropa 2016. Tak satupun di antaranya mengenai target.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement