Ahad 26 Jun 2016 17:00 WIB

Kejutan atau Dominasi

Red: Arifin

Pada laga persahabatan akhir Mei, Jerman kalah di kandang sendiri.

 

LILLE -- Kamar ganti Slovakia siaga satu. Usai memastikan diri melaju ke fase knock out Piala Eropa 2016, armada Slovensky Sokoli bersiap diri melawan raksasa Jerman. "Saya pikir setiap tim mampu menga lahkan tim lainnya. Kami sedang bersemangat. Kami akan memberikan segalanya di pertan dingan ini," ujar gelandang Vladimir Weiss, dikutip UEFA, Sabtu (25/6).

Weiss menegaskan, pihaknya percaya diri jelang laga kontra Der Panzer. Ia melihat jurang pemisah antara setiap tim Benua Biru makin tipis. Ini memungkinkan mereka membuat kejutan.

Laga kedua kubu berlangsung di Stade Pierre-Mauroy, Lille, Ahad (26/6) malam WIB.

Sebelum partai ini dihelat, Slovakia pernah mengalahkan Jerman dengan skor 3-1 dalam duel persahabatan di Augsburg pada akhir bulan lalu. Ini menjadi modal psikologis bagi skuat polesan Jan Kozak.

Meski tak kenal rasa takut, respek tetap ditunjukkan Slovakia. Weiss menyoroti cara bermain Der Panzer dengan mengandalkan penguasaan bola. Serta diisi oleh sederet jugador kelas wahid. "Kami harus berada dalam kondisi 100 persen. Saya pikir kami telah lama bermain bersama, ini menjadi keuntungan besar," ujar Weiss.

Jerman melaju ke babak 16 besar dengan status jawara Grup C. Anak asuh Joachim Loew sukses menekuk Ukraina dan Republik Irlandia. Serta memetik hasil imbang kontra Polandia. 

Rekor Die Mannschaft terbilang apik ketika gawang mereka belum kebobolan sejauh ini. Ada surplus tiga gol. Penjaga gawang Manuel Neuer siap mempertahankan tren positif itu. "Kami harus menjaga clean sheet. Kami tahu kami bisa mencetak gol dan mampu bertahan dengan baik," kata Neuer.

Hanya saja, lini belakang Jerman berpotensi tidak diperkuat Jerome Boateng. Bek 27 tahun itu mengalami cedera otot saat Der Panzer berhadapan dengan Republik Irlandia pada laga pamungkas Grup C. Meskipun begitu, masih ada nama Benedikt Howedes sebagai pelapis sepadan Boateng.

Secara keseluruhan, skuat Jerman sedang percaya diri.

Dalam hal permainan, Jerman mencatat statistik menguasai bola rata-rata 65 persen dengan akurasi umpan di atas 91 persen.

Sehingga, masalahnya mengerucut pada penyelesaian peluang, terutama ketika menghadapi tim yang bertahan total.

"Melawan tim dengan stategi parkir bus membuat Anda kesulitan mencetak gol. Tapi, kami bisa memenangkan pertandingan seperti itu," ujar Neuer optimistis.   rep: Frederikus Bata/reuters, ed: Andri Saubani

 

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

HOWEDES NEUER KIMMICH HECTOR MUELLER KHEDIRA HUMMELS GOMEZ GOTZE KROOS OEZIL DURICA HUBOCAN HAMSIK DUDA PEKARIK SKRTEL PECOVSKY WEISS MAK KUCKA KOZACIK 

 

JERMAN 

PELATIH JOACHIM LOEW 

SLOVAKIA 

PELATIH JAN KOZAK 

 

FAKTA MENARIK 

-Jerman memenangi tujuh dari 10 laga pertemuannya dengan Slovakia. Namun, laga terakhir mereka berakhir kekalahan 1-3 di Augsburg, akhir Mei.

-Jerman menang 13 kali dari 16 laga di turnamen besar terakhir mereka, dua kali seri, dan sekali kalah.

-Skuat asuhan Joachim Loew memiliki rata-rata penguasaan bola 71,9 persen di tiga laga babak penyisihan grup, sejauh ini tertinggi di Piala Eropa 2016.

-Gawang Slovakia hanya sekali tidak kebobolan (lawa Inggris) dari tujuh laga terakhir di turnamen besar.

Sumber: Opta

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement