Senin 30 May 2016 14:00 WIB

Panaskan Mesin Perang

Red:

COLORADO — Jelang gelaran Copa America, tim nasional Brasil bakal memanaskan mesin perangnya dengan melakukan laga uji coba pada awal pekan ini. Tim berjuluk Selacao itu bakal mencoba kekuatan kuda hitam Panama di Dick's Sporting Goods Park, Colorado, Senin (30/5) pagi WIB. Dalam laga ini, Brasil akan diperkuat skuat utamanya di Copa America, mengingat sejumlah kompetisi telah selesai.

Meski hanya sebatas laga uji coba, Dani Alves dan kawan-kawan tak ingin menganggap enteng laga persahabatan ini. Mereka bakal memanfaatkan laga ini untuk menguji kekuatan mereka sendiri sebelum turun di ajang Copa America. Apalagi, Brasil tengah mengincar gelar kesembilan Copa America di edisi spesial Centenario yang digelar bulan depan tersebut. Dunga dan kawan-kawan akan memulai pertandingan Grup B melawan Ekuador pada 4 Juni mendatang, sebelum menghadapi Haiti pada 8 Juni dan Peru pada 12 Juni.

Dalam laga nanti, pelatih Carlos Dunga kemungkinan akan langsung menurunkan striker Orlando City, Ricardo Kaka, yang dipanggil kembali. Kembalinya mantan pemain Real Madrid itu untuk menggantikan posisi Douglas Costa yang mengalami cedera otot sehingga dicoret dari daftar skuat.

Laga melawan Panama juga akan dijadikan sebagai ajang pembuktian Kaka bahwa dirinya masih bisa berkontribusi untuk timnas. Terlebih, eks playmaker AC Milan itu sangat diharapkan bisa menggantikan peran Neymar yang tak dimasukkan dalam skuat Brasil di Copa America nanti.

"Semua pemain yang dipanggil adalah yang terbaik dan mereka akan berjuang untuk mempersembahkan gelar," kata Dunga, beberapa waktu lalu.

Menghadapi Panama, Brasil berhak jemawa lantaran pada bentrokan perdananya dua tahun lalu mereka berhasil memperoleh kemenangan telak 4-0 di kandang sendiri. Kemenangan tersebut menjadi tolok ukur yang akan dijadikan motivasi saat berkunjung ke markas Panama. Namun, Selacao juga wajib waspada, mengingat mereka juga masih mencari jati diri setelah penampilan yang kurang memuaskan beberapa tahun terakhir.

Sementara, berstatus sebagai tuan rumah, Panama memiliki misi ganda. Selain untuk memenangkan laga di hadapan para pendukungnya, skuat Hernan Dario Gomez itu juga ingin membalas dendam kekalahan telak pada pertemuan terakhir.

Meski memiliki strata kekuatan serta amunisi yang berbeda, pertandingan persahabatan ini diprediksi akan menjadi duel yang tak dapat ditebak dengan mudah. Apalagi, Panama dilatih oleh Gomez yang sangat mengenal kekuatan tim-tim Amerika Latin karena pernah membesut tim-tim, seperti Ekuador dan Kolombia.

Panama sendiri juga akan berpartisipasi dalam Copa America yang digelar 3-26 Juni nanti. Bersama dengan tuan rumah Amerika Serikat, Kosta Rika, dan Meksiko, mereka menjadi wakil Concacaf yang tampil dalam gelaran yang biasanya hanya menjadi ajang pertandingan antartim-tim zona Amerika Selatan (Conmebol) itu. Panama akan tergabung di Grup D bersama Argentina, Cile, dan Bolivia.

Prestasi terbaik Panama sejauh ini adalah runner-up Piala Emas Concacaf tahun 2005 dan 2013 lalu. Mereka tidak pernah tampil di ajang Piala Dunia sehingga catatan ini semakin menguatkan superior Brasil atas Panama.

Dalam lima laga terakhirnya, tim berjuluk Los Canaleros itu berhasil meraih dua kali kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kekalahan. Sedangkan, Brasil meraih dua kali kemenangan, tiga kali imbang, tanpa sekali pun kekalahan dalam lima partai terakhirnya.    rep: Ali Mansur,  ed: Fernan Rahadi

***

Prediksi Susunan Pemain

Brasil   

Formasi: 4-2-3-1

Pelatih: Carlos Dunga   

Diego Alves (kiper); Fabinho (kiri), Luiz, Miranda (tengah), Dani Alves (kanan); Fernandinho, Gustavo (gelandang bertahan); Kaka, Willian, Coutinho (gelandang serang; Hulk (penyerang)

Panama   

Formasi: 4-4-2

Pelatih: Hernan Dario Gomez

Penedo (kiper), Baloy (kanan), Machado, Cummings (tengah), Miller (kiri); Gomez (kanan), Quintero, Godoy (tengah), Tejada (kiri); Perez, Pimental (penyerang)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement