Senin 28 Mar 2016 15:15 WIB

The Dragons Mencari Bentuk

Red:

KIEV -- Tim kuda hitam asal Britania Raya, Wales, masih mencari bentuk jelang penyelenggaraan turnamen akbar Piala Eropa 2016 di Prancis. Sang pelatih, Chris Coleman, mengatakan, sampai saat ini, ia masih belum bisa menentukan nama-nama yang pasti diikutsertakannya di Piala Eropa Prancis, Juni-Juli mendatang.

Seusai memastikan diri lolos ke Piala Eropa untuk pertama kalinya, Wales sudah tiga kali melakukan uji coba melalui laga persahabatan. Hasilnya cukup beragam. The Dragons menang sekali, imbang sekali, dan kalah sekali.

Hal itu membuat Coleman masih bingung dalam menentukan skuat terbaik untuk diberangkatkan ke Prancis. Selasa (29/3) dini hari WIB nanti, Wales akan melakukan uji coba lagi. Kali ini, lawan Ashley Williams dan kawan-kawan adalah tim Eropa Timur yang juga merupakan peserta Piala Eropa nanti, Ukraina. Laga antara Ukraina menjamu Wales akan digelar di Stadion Olimpiyskiy, Kiev.

"Saya belum bisa memastikan tim saya sekarang. Masih ada kesempatan, terutama pemain muda dan pelapis untuk membuktikan diri," kata Coleman, dikutip dari Wales Online, Ahad (27/3).

Hampir sama dengan laga terakhir saat Wales ditahan imbang 1-1 oleh Irlandia Utara, Jumat (25/3) kemarin, Coleman masih memasang beberapa pemain yang akan menjadi pelengkap di Piala Eropa. Pemain bintang seperti Gareth Bale, Aaron Ramsey, dan Andy King masih belum akan dimainkan. Hal ini mempertegas bahwa pelatih yang membesut Wales sejak 2012 lalu itu ingin memberi ruang bagi pemain-pemain potensial yang jarang membela timnas.

Salah satu pemain senior, Joe Allen, juga hanya dimainkan setengah jam oleh Coleman saat melawan Irlandia Utara. Bertandang ke Ukraina nanti, pemain muda seperti striker Southampton Sam Vokes, bek Swansea City, Adam Matthews, akan diberi ruang unjuk gigi.

Sebagai tim debutan Piala Eropa, Coleman memang ingin menyulap timnya menjadi sekuat mungkin agar tak menjadi bulan-bulanan tim lain. Hal itu disebabkan, pada babak penyisihan grup nanti, Wales akan berada di Grup B yang berisi tim-tim seperti Inggris, Rusia, dan Slowakia.

Inggris dan Rusia bisa dibilang sebagai tim yang sudah berpengalaman di beberapa turnamen besar. Sedangkan Slowakia, meskipun termasuk tim debutan, pernah berpengalaman menembus perdelapan final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Beralih ke tim tuan rumah, Ukraina baru melakukan satu uji coba setelah memastikan diri lolos ke Piala Eropa, yaitu melawan Siprus yang dimenangi the Yellow Blue 1-0. Pada laga itu, Ukraina sudah tampil dengan pasukan terbaiknya. Winger potensial, Andriy Yarmolenko, bermain penuh melawan Siprus.

Ajang menjamu Wales ini juga akan menjadi yang kedua bagi Ukraina semenjak mengajak legenda mereka, Andriy Shevchenko, bergabung sebagai asisten pelatih.

Masuknya mantan bintang AC Milan itu menjadi suntikan semangat tersendiri bagi Ukraina. Sebab, Sheva adalah salah satu mantan pemain yang punya mental baja semasa jayanya, yang diyakini dapat ditularkan kepada para juniornya di timnas. rep: Febriyan Fachri ed: Fernan Rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement