Kamis 26 Mar 2015 14:00 WIB

Der Panzer Selalu Ada untuk Podolski

Red:

MUENCHEN - Manajer umum tim nasional (timnas) Jerman, Oliver Bierhoff, menyayangkan keputusan Lukas Podolski yang meninggalkan Arsenal untuk Inter Milan pada bursa transfer Januari tahun ini. Ia pun mengomentari performa pemain timnas Jerman itu dan menyarankannya untuk memilih tim yang sesuai dengannya pada akhir musim nanti.

"Lukas adalah pemain yang membutuhkan ruang. Ia hidup dari pergerakannya," ujar Bierhoff seperti dikutip Goal, Rabu (25/3).

Menurut Bierhoff, sebagai seorang striker, Podolski sangat membutuhkan rasa percaya diri. Pindah ke Inter, lanjut dia, adalah keputusan besar dan langkah sulit yang harus dilalui Podolski. Ia menambahkan, saat ini klub elite Italia tersebut sedang dalam masa sulit dan ini bukan hal baik bagi Podolski.

Bierhoff yakin Podolski akan segera menemukan kembali kekuatannya. Itu jika ia bisa memperoleh rasa bahagia, percaya diri, dan kepercayaan dari pelatih dan juga tim. "Apakah Inter akan menjadi tempat untuk itu? Sulit untuk dikatakan," kata mantan striker klub Italia Ascoli, Udinese, AC Milan, dan Chievo itu.

Bierhoff pun menyarankan, jika nanti Podolski memilih klub berikutnya, penting bagi pemain usia 29 tahun itu untuk mempertimbangkan soal perasaan dan lebih berhati-hati. Peran klub dalam sebuah liga dan reputasi klub, lanjut dia, tidak begitu penting dibandingkan kebahagiaan sang pemain.

Bierhoff juga meyakinkan bahwa Der Panzer, julukan timnas Jerman, akan selalu ada untuk Podolski. Apalagi, Podolski sudah sangat banyak memberikan kontribusi untuk skuat Jerman selama beberapa tahun terakhir, termasuk turut membawa Jerman juara Piala Dunia 2014 Brasil. "Ia memiliki potensi dan kualitas," ucapnya yakin.

Gelandang Jerman dan Bayern Muenchen Bastian Schweinsteiger pun memberikan dukungan moral kepada Podolski yang sedang kesulitan di Inter. Schweinsteiger menyebut Podolski masih mempunyai peran yang penting di timnas Jerman.

Podolski saat ini menjalani masa peminjaman di Inter setelah tak mendapat tempat di Arsenal. Namun, karier sang juru gedor di Giuseppe Meazza tak berjalan mulus.

Bersama Inter, Podolski lebih sering duduk di bangku cadangan. Ia baru merumput sebanyak 10 kali di laga Seri A Liga Italia dan belum mencetak gol. Meski belum mencetak gol bersama Inter, Podolski tetap dibawa oleh pelatih Joachim Loew dalam skuat Jerman untuk laga melawan Australia dan Georgia pekan ini. n ed: endro yuwanto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement