Jumat 10 Oct 2014 13:00 WIB

Pro Duta Kirim 22 Anak Indonesia Ke Italia

Red:

JAKARTA -- Klub sepak bola Pro Duta tidak hanya fokus mengejar prestasi di level senior. Klub yang berlaga di Divisi Utama itu juga konsisten mengedepankan pembinaan pemain kelompok usia muda. Dalam waktu dekat, Pro Duta U-19 akan mengikuti kejuaraan Viareggio Cup di Italia.

Sonny Agus Santoso, Kordinator seleksi, mengatakan, ke 22 pemain merupakan anak Indonesia asli yang merupakan hasil seleksi di sebanyak lima wilayah di Indonesia, yakni Soe (NTT), Sorong (Papua Barat), Tobelo (Halmahera), Medan, dan Jakarta. Dari tiap wilayah akan diambil 22 pemain dari berbagai posisi. Kemudian, seluruh peserta akan diseleksi secara nasional pada 12-13 Oktober ini.

Pihak klub hanya akan memilih 22 pemain yang akan bergabung dalam skuat Pro Duta U-19. Mereka kemudian akan mengikuti turnamen tersebut pada Februari 2015.

Sonny mengatakan, sistem seleksi dilakukan sesuai standar Pro Duta melalui berbagai tahapan. Dari situ, akan dilihat pemahaman teknik serta taktik para pemain tersebut.

"Ini adalah bagian dari implementasi kami terhadap pembinaan pemain muda. Karena, di Indonesia belum ada turnamen profesional untuk pemain muda, seperti di Eropa, dengan demikian kami berusaha untuk memfasilitasi pemain usia muda dengan mengikuti turnamen tersebut," ujar Sonny saat ditemui Republika di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (9/10).

Sonny juga berharap para pemain yang lolos seleksi bisa menimba ilmu saat mengikuti turnamen yang digelar di Kota Tuscany tersebut. Dengan demikian, diharapkannya, kemampuan mereka bisa diandalkan di tim nasional Indonesia pada masa mendatang.

Apalagi, saat ini tim sepak bola usia muda Indonesia tengah naik daun. Hal itu ditandai dengan keikutsertaan timnas U-19 di Piala Asia U-19.

Dipilihnya Viareggio Cup sebagai ajang pembinaan usia muda oleh Pro Duta dikarenakan turnamen itu adalah salah satu turnamen sepak bola junior yang paling penting di dunia. Selain diakui Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), UEFA, dan FIFA, turnamen itu juga telah secara rutin diselenggarakan setiap tahun di Viareggio, Tuscany, Italia.

rep:c61 ed: fernan rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement