Jumat 26 Sep 2014 13:00 WIB

Tangkal Korea Utara

Red:

INCHEON -- Timnas U-23 Indonesia siap melakoni babak 16 besar Asian Games 2014 melawan Korea Utara (Korut) di Stadion Ansan WA, Jumat (26/9). Skuat Garuda Muda telah mempelajari permainan Korut dan menyiapkan strategi untuk menangkalnya.

Pada sesi latihan di Lapangan Songdo LNG, Incheon, Korsel, Kamis (24/9), pelatih timnas U-23 Aji Santoso tampak fokus membenahi pertahanan tim. Aji melatih kemampuan tim dalam mengantisipasi serangan bola-bola pendek dan terobosan mendatar.

Aji mengatakan, latihan itu dilakukan setelah melihat pertandingan Korut saat membantai Cina 3-0 pada laga perdana Grup F.

"Mereka selalu bermain bola-bola bawah. Termasuk saat bermain umpan terobosan. Itu yang patut diwaspadai sehingga kami perlu melatih antisipasi cara bermain Korut," kata Aji kepada wartawan di Incheon.

Dalam pertandingan melawa Cina tersebut, ketiga gol Korut memang tercipta melalui skema umpan terobosan mendatar. Pemain timnas U-23 harus konsentrasi tingkat tinggi untuk melihat pergerakan para pemain Korut yang memiliki kecepatan dan kecermatan dalam mencari celah kosong di barisan pertahanan lawan.

Laga ini akan menjadi ujian berat bagi Indonesia. Maklum, Korut selalu berhasil melaju ke perempat final pada tiga edisi Asian Games sebelumnya. Indonesia pun baru terpukul karena di laga terakhir putaran grup baru saja menderita kekalahan memalukan 0-6 kontra Thailand.

Namun, Aji menjamin laga lawan Korut akan berbeda dibanding performa Indonesia saat menghadapi Thailand. Sebab timnas kali ini akan bermain dengan kekuatan terbaiknya.

Indonesia sendiri sebenarnya hanya memiliki target untuk lolos dari fase grup.  Meski begitu, skuat  Merah Putih ingin meraih prestasi lebih tinggi. "Saya yakin anak-anak bisa bermain maksimal pada laga ini," Aji mengatakan.

Aji bisa sedikit lega karena kiper Andritany Ardhiyasa sudah pulih dari cedera lutut. Andritany pun siap diturunkan dalam babak 16 besar.

Seperti diketahui, Andritany mengalami benturan di bagian lutut ketika menghadapi Maladewa dalam laga kedua. Kala itu, Andritany pun langsung ditarik keluar lapangan. Kiper Persija Jakarta tersebut juga harus diistirahatkan saat Indonesia melakoni laga pamungkas grup melawan Thailand.

"Andritany sudah siap tampil. Karena cedera lutut dia memang tidak terlalu parah," kata Aji kepada wartawan di Incheon.

Kendati begitu, Aji masih ketar-ketir dengan kondisi dua  pemain inti lainnya, yakni kapten Dedi Kusnandar dan Ramdani Lestaluhu yang juga mengalami cedera saat melawan Maladewa. "Keduanya belum fit 100 persen," Aji mengungkapkan.

Dedi, misalnya, tambah Aji, terlihat masih terlalu berhati-hati saat menjalani sesi latihan. Namun, Aji mengatakan, belum mengambil keputusan apakah sang pemain bakal diturunkan atau tidak. Aji akan melihat perkembangan terakhir.

Kehadiran Dedi Kusnandar tentu sangat dibutuhkan timnas U-23. Dalam dua laga perdana, Dedi mampu menjadi rekan yang baik bagi pemain senior Achmad Jufriyanto dalam menjaga keseimbangan tim di lini tengah.

Timnas U-23 sudah pasti bakal menurunkan para pemain terbaiknya dalam laga berat melawan Korut ini. Di lini serang, Aji bakal kembali memasang striker Ferdinand Sinaga yang sudah mencetak enam gol. rep:satria kartika yudha ed: abdullah sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement