Jumat 19 Sep 2014 13:00 WIB

Kritik Ballack Buat Oezil

Red:

LONDON -- Mantan kapten Jerman Michael Ballack percaya, Mesut Oezil membuat kesalahan besar dengan bergabung bersama Arsenal. Menurutnya, Real Madrid merupakan tempat yang ideal buat pemain Jerman keturunan Turki itu.

"Apa yang terjadi dengan dia (Oezil), saya tidak tahu. Pasti ada sesuatu di balik itu. Penampilannya sudah menurun jauh. Saya tidak benar-benar tahu apa yang terjadi selama setahun terakhir sejak ia pindah dari Madrid ke Arsenal," ujar mantan pemain Chelsea itu, di Sky Sport, Kamis (18/9).

 

Meskipun musim panas lalu Oezil kembali dari Brasil sebagai juara Piala Dunia, dia gagal bersinar di Arsenal. Padahal saat di Piala Dunia 2014, kata Ballack, Oezil sudah bermain sangat baik dan mampu mempersembahkan negaranya titel juara. Tentu, pesepak bola yang telah menjuarai Piala Dunia dapat memicu performanya di level klub.

Namun, hingga saat ini, dia gagal memicu peningkatan penampilannya untuk the Gunners. Puncaknya saat timnya dipukul Borussia Dortmund dalam ajang pembuka fase grup Liga Champions dua hari lalu.

Menurut Ballack, wajar jika semua pihak meragukan mengapa Oezil tampil buruk lawan Dortmund. Apalagi, dia pernah bermain bersama Schalke 04 dan Werder Bremen, yang sudah mengenal betul gaya bermain tim asuhan Juergen Klopp itu.

Ballack sendiri mengaku pernah kesulitan menyesuaikan diri dengan kecepatan dan intensitas Liga Primer saat memperkuat Chelsea. Hal yang sama dinilainya juga dialami oleh Oezil. Hasilnya, mantan pemain Real Madrid telah gagal bersinar di London. "Performa Oezil turun drastis. Itu tak diragukan."

Ballack berpendapat, semestinya pemain sekelas Oezil tinggal lebih lama di Real Madrid. "Jika dia cepat mengeluh karena masalah pribadi kemudian dia pindah klub, itu hal yang kurang bagus. Padahal, yang dia butuhkan hanya beradaptasi di klub," ujar Ballack

Ballack yang pernah menjuarai Liga Inggris bersama Chelsea melanjutkan, setiap individu mempunyai masalah di klubnya masing-masing sehingga yang dibutuhkan adalah menyelesaikan masalah tersebut.

Dia pun menilai wajar jika sekarang Oezil mendapat kritikan di Arsenal karena penampilannya menurun. "Saya kira, dalam situasi seperti ini, dia (Oezil) tidak dapat menggunakan teknik dan visinya," kritik Ballack terhadap rekan senegaranya itu. rep:c61 ed: abdullah sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement