Selasa 02 Sep 2014 15:30 WIB

Tamparan Mengejutkan untuk Los Blancos

Red:

MADRID -- Raksasa La Liga Real Madrid mendapatkan tamparan mengejutkan kala bertandang ke markas Real Sociedad dalam lanjutan La Liga Spanyol, Senin (1/9) dini hari WIB. El Real dipaksa harus menerima kekalahan memalukan 2-4 meskipun sempat unggul 2-0 terlebih dahulu.

Dalam laga itu, Madrid sempat unggul terlebih dahulu berkat gol yang dicetak Sergio Ramos dan Gareth Bale. Namun, sebelum babak pertama berakhir, The Royals  mampu menyamakan kedudukan berkat gol yang diciptakan Inigo Martinez dan David Zurutuza.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Andres Kudack/AP

Javier Hernandez 'Chicharito'

Babak kedua ternyata menjadi momentum bagi tim tuan rumah untuk membalikkan kedudukan. Adalah Zurutuza yang kembali menjadi momok bagi lini pertahanan Madrid setelah berhasil menaklukkan gawang Iker Casillas untuk yang kedua kalinya. Sociedad akhirnya berhasil mengunci kemenangan setelah Carlos Vela mencetak gol pamungkas pada menit ke-75. Sociedad mempertahankan skor 4-2 hingga akhir laga.

Menanggapi kekalahan ini, pelatih Madrid Carlo Ancelotti menyesalkan hasil yang didapatkan timnya. Pelatih asal Italia itu juga menilai performa timnya tak bisa dibanggakan. "Tidak mudah mengevaluasi pertandingan ini. Ada dua penampilan. Yang pertama berjalan selama 30 menit sangat bagus. Sedangkan satunya lagi berjalan satu jam dan sangat buruk," ujar Ancelotti seperti dilansir laman resmi klub, Senin (1/9).

Pelatih asal Italia ini juga tidak lupa meminta maaf kepada semua fans Madrid akan hasil minor yang didapatkan timnya, terutama lini pertahanan yang tampil sangat buruk. "Kami sama sekali tak memiliki sistem pertahanan yang baik untuk menjaga keuntungan dua gol. Masalah muncul setelah kami memainkan 30 menit yang bagus. Saya berjanji akan mengubah permainan Madrid untuk ke depannya," kata Ancelotti menambahkan.

Ancelotti mengakui hengkangnya sejumlah pemain seperti Angel Di Maria yang berlabuh ke Manchester United, serta Xabi Alonso yang kini bermain untuk Bayern Muenchen, membawa perubahan dalam skema permainan. Datangnya bintang Piala Dunia 2014, Toni Kroos dan James Rodriquez disebutnya belum memberikan efek signifikan.

Namun, mantan pelatih Paris Saint-Germain itu menegaskan, hilangnya sejumlah pemain bukanlah hal yang penting. Ia cenderung melihat kinerja pemain setelah unggul dua gol. "Ini bukan masalah kehilangan satu pemain. Bukan tentang Xabi Alonso yang tidak ada di sana. Ini adalah tentang tim yang kehilangan hal-hal setelah unggul 2-0 dan ketika tim tidak memiliki sikap,'' katanya.

Ancelotti menganggap kekalahan ini tidak terduga. Menurutnya, banyak hal yang harus dimodifikasi termasuk pemain di lapangan.

Kinerja kurang baik pemain menjadi penyebab kekalahan El Real. "Kekalahan ini tidak mengubah apa pun. Apa yang perlu diubah adalah sikap kita dan konsentrasi dalam jenis-jenis permainan. Ketika unggul 2-0, Anda harus menunjukkan konsentrasi,'' ujarnya.

Sementara itu, penjaga gawang Madrid, Iker Casillas, mengucapkan selamat untuk Sociedad yang menampilkan performa ciamik untuk menggilas timnya. Sama seperti Don Carlo, ia juga menegaskan kekalahan di laga perdana itu tak bisa diterima dan timnya harus segera melakuka evaluasi. "Selamat untuk Real Sociedad. Mereka bermain sangat bagus. Tim kami sangat buruk. Kami tidak bisa kalah seperti ini setelah unggul 2-0," kata Casillas kepada Marca.

Kapten Madrid itu mengatakan, banyak pelajaran yang didapatkan timnya setelah kekalahan tersebut. Menurut dia, kekalahan itu tak bisa ditimpakan kepada para pemain bertahan saja. Seluruh pemain harus bertanggung jawab. "Kami akan berbicara terkait situasi ini. Kami harus berbicara di ruang ganti. Apa yang terjadi hari ini tidak normal," tuturnya.

Pertandingan melawan Sociedad, kata Casillas, tidak boleh menjadi contoh untuk performa timnya pada laga-laga mendatang. "Kini kami membutuhkan empat suara di ruang ganti karena hal ini tak boleh terjadi lagi," tuturnya.

Kekalahan itu membuat Madrid terperosok di peringkat 10 klasemen sementara dengan raihan tiga poin hasil sekali menang dan sekali kalah. Sedangkan Sociedad melesat ke posisi delapan dengan poin yang sama namun unggul selisih gol dari Los Blancos.

rep:wahyu syahputra/c79 ed: fernan rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement