Sabtu , 14 January 2017, 18:00 WIB

Stadion Ayresome Park Rubuh

Red:

Ayresome Park adalah stadion yang terletak di Middlesbrough, Inggris. Stadion itu dibuka pada 1903. Pada 1980, stadion itu sempat mengalami insiden yang memakan korban jiwa.

Dilansir dari tdifh, pada 12 Januari 1980, stadion itu roboh yang mengakibatkan dua orang tewas. Kejadian itu seakan menjadi awal dari beberapa kejadian mengerikan dalam sepak bola pada dekade berikutnya.

Hal yang menyedihkan dari stadion yang sempat menjadi kandang bagi klub sepak bola Middlesbrough itu adalah karena dua orang yang menjadi korban adalah suporter dari klub Middlesbrough.

Saat insiden terjadi, fan klub yang dijuluki the Boro itu sedang menjamu suporter dari Manchester United (MU) yang sedang menyaksikan pertandingan.

Insiden robohnya stadion berkapasitas 26 ribu penonton itu terjadi setelah pertandingan selesai dengan skor 1-1.

Usai pertandingan, kedua korban hendak keluar dari stadion melalui sisi tenggara stadion. Namun, saat yang bersamaan, tiba-tiba pilar stadion roboh dan membuat kedua korban itu tertimpa dua buah pintu gerbang. Puing reruntuhan itu kemudian membuat kedua nyawa korban terenggut.

Setelah insiden itu, beberapa saksi mata sempat menyebut bahwa kejadian itu merupakan akibat dari kesalahan suporter MU. Mereka dinilai terlalu terburu- buru untuk keluar stadion setelah pertandingan usai.

Dengan begitu, gerakan dari kerumunan itu dinilai sebagai pemicu atas runtuhnya pilar tersebut. Namun, fan MU menyangkalnya. Setelah melalui proses investigasi, terdapat laporan bahwa sertifikat keamanan untuk stadion itu belum diperbarui.

Meski manajemen the Boro meng klaim bahwa persoalan pembaruan sertifikat itu hanyalah persoalan teknis, seluruh persyaratan keamanan saat insiden itu terjadi dinilai sudah memenuhi persyaratan.

Pada Agustus 1989, Taylor Report merekomendasikan agar kapasitas bangku dalam stadion dikurangi. Hingga akhirnya pada sekitar 1995 hingga 1997, stadion itu dihancurkan dan diganti dengan Stadion Riverside yang didirikan di lokasi yang sama dengan kapasitas 34 ribu penonton.

Setelah kejadian itu, dunia sepak bola sempat beberapa kali mengalami musibah, di antaranya adalah insiden di Mosko pada 1982, Bradford City's dan Belgia pada 1985, serta insiden di Hillsborough pada 1989.    Eric Iskandarsjah Z, ed: M Akbar