Sabtu 16 Apr 2016 17:23 WIB

ISC Berputar, Klub Senang

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Para manajer klub elite sepak bola Indonesia menampakkan wajah semringah seusai keluar dari managers meetingdi Hotel Park Lane, Jakarta, beberapa waktu lalu. Rupanya, PT Gelora Trisula Semesta (PT GTS) memastikan Indonesia Soccer Championship (ISC) bergulir.

Para petinggi merasa senang dengan kepastian bergulirnya turnamen jangka panjang ini, salah satunya manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Umuh mengaku sangat senang karena turnamen yang bakal diikuti oleh 18 klub Liga Super Indonesia (ISL) itu mendapatkan restu dari pemerintah. Dengan adanya restu tersebut, peserta ISC A terutama Persib tidak lagi khawatir kompetisi terhenti di tengah jalan, seperti ISL musim lalu.

"Tentu saja dengan adanya kepastian ini saya merasa seNang, walaupun ISC A ini mengalami kemunduran jadwal. Yang terpenting, turnamen tidak berhenti di tengah jalan. Kalau persiapan, Persib sudah mempersiapkannya dari dulu," kata Umuh menjelaskan saat ditemui di Hotel Park Lane, beberapa waktu lalu.

Umuh menambahkan, kepas tian ISC A bergulir hingga akhir turnamen juga membuat para pemain lega dan tak risau de ngan masa depannya bersama klub. Sehingga, mereka dapat bermain di lapangan dengan semangat tinggi. "Jelas, selain klub, para pemain juga ikut senang dengan adanya kepastian ini. Minimal hingga akhir tahun, pendapatan mereka terjamin," kata Umuh.

Selain itu, kata Umuh, berputarnya ISC A juga disambut antusias oleh para pendukung Persib. Apalagi, selama satu tahun terakhir, Persib hanya beberapa kali tampil di depan pendukungnya sendiri.

Hal senada juga diungkapkan oleh klub rival Persib, Persija Jakarta. Presiden Persija Ferry Paulus menyatakan, manajemen bersyukur dengan adanya kepastian bergulirnya ISC A pada akhir April nanti. Sebab, dengan bergulirnya ISC A, skuat Macan Kemayoran dapat memberikan kembali hiburan bagi warga Jakarta, terutama the Jakmania.

"Apalagi sudah hampir satu tahun the Jakmania tidak melihat Persija tampil di SUGBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno --Red) pada ajang resmi. Waktu trofeosaja, stadion terisi penuh. Ini tandanya mereka rindu Persija tampil di SUGBK," ucap pria asal Manado tersebut.

Namun, Ferry tak bisa menjamin Persija akan menggunakan SUGBK sebagai kandang Macan Kemayoran sepanjang turnamen ISC A nanti. Ismed Sofyan dan kawan- kawan hanya bisa bermain di SUGBK sampai Juni 2016. Sebab, stadion terbesar di Indonesia itu akan direnovasi besar-besaran untuk lokasi Asian Games 2018 mendatang.

Kepastian bergulirnya ISC A didapatkan setelah PT GTS mengundang seluruh klub ke dalam forum konsultasi klub di Hotel Parklane, Jakarta. Direktur Utama PT GTS Joko Driyono berharap ISC A tidak lagi mendapatkan kendala sehingga jadwal molor. "Kami dan teman-teman klub memutuskan untuk kick offdiundur jadi 29 April. Banyak hal yang harus diperlihatkan dan yang penting kompetisi ini dapat di persiapkan sebaik-baiknya," ujar Joko.

Selain mengundang perwakilan klub-klub ISC A, PT GTS selaku operator kompetisi juga akan mengundang peserta ISC B yang berjumlah 53 tim pada pekan depan untuk mem bahas kerangka kompetisi. Peserta ISC B merupakan klub-klub penghuni kasta kedua, Divisi Utama.

Meski sudah dipastikan bergulir 29 April, PT GTS baru bisa merilis jadwal pada 18 April nanti. Joko mengaku, semua tim mendukung persiapan tersebut . Jika sesuai rencana, ISC akan berakhir pada 18 Desember mendatang. rep: Ali Mansur ed: Fernan Rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement