Sabtu 02 Apr 2016 16:26 WIB

Asa Pertegas Posisi

Red: operator

Gianluigi Buffon menilai mental timnya tidak terganggu meski gagal melangkah jauh di Eropa.

 

Delapan partai Seri A terakhir layaknya final bagi Juventus.

Sama seperti Napoli di kursi runner-up. Dengan mengantongi 70 poin dari 30 laga, si Nyonya Tua hanya unggul tiga angka dari Partenopei. Jelas semua pekan tersisa terasa krusial bagi sang juara bertahan. Ada musuh terkuat senantiasa membayangi.

Pada giornatake-31, pasukan Hitam Putih ditantang Empoli. Laga kedua tim berlangsung di Juventus Stadium, Ahad (3/4) dini hari WIB. Kemenangan menjadi harga mati bagi tuan rumah demi mempertegas posisi.

Ada misi mempertahankan kursi capolista. Kapten Gianluigi Buffon menilai mental timnya tidak terganggu meski gagal melangkah jauh di Eropa. Semangat tetap berada di jalur positif tetap ditunjukkan. "Ter-singkirnya kami dari Liga Cham pions tidak membuat kami menghancurkan musim kami," kata portiere berusia 38 tahun, dikutip di laman resmi klub, tengah pekan ini.

Jelas, pesan yang disampaikan Buffon terkait asa menuju scudetto kelima secara beruntun. Modal itu ada ketika fokus Bianconeri tidak terbelah lagi. Tinggal menyelesaikan Seri A dan final Coppa Italia. 

Secara statistik Juve layak diunggulkan kontra Empoli. Pasukan Hitam Putih selalu menang dalam tiga laga terakhir menghadapi lawan yang sama. Sehingga, tiga poin di rumah sendiri diprediksi bisa direngkuh.

Namun, masalah cedera menjadi nilai minus Bianconeri, terutama di sektor belakang. Bek Andrea Barzagli dan Stephan Lichsteiner mengikuti jejak Giorgio Chiellini dan Martin Caceres masuk ruang perawatan. Leonardo Bonucci pun absen karena akumulusi kartu kuning.

Persoalan serupa merambah ke lini tengah. Sami Khedira dipastikan tidak merumput melawan Empoli. Ia diusir wasit saat memperkuat Juve pada Derby Della Mole kontra Torino. Claudio Marchisio pun masih berkutat dengan masalah kebugaran. 

Beruntung seluruh penggawa di depan siap tampil. Paulo Dybala yang sempat ditarik saat berduel dengan Il Toro sudah bisa diturunkan. Pekerjaan besar untuk Massi miliano Allegri dalam memanfaatkan skuat tersisa.

Kubu Empoli tengah menjalani tren buruk. Dalam 11 laga terakhir, tim tersebut tidak sekalipun meraih kemenangan. Belum lepas dari kejatuhan, si Biru harus bertemu klub terkuat Seri A.

Pelatih Marco Giampaolo meminta anak asuhnya tetap tenang. Ia menegaskan, Empoli akan tampil menyerang di markas lawan. Setidaknya kemenangan di laga-laga tersisa harus diwujudkan sehingga misi bertahan di kasta tertinggi Negeri Spageti bisa tercapai. "Kami akan ke Turin dengan tujuan memainkan bola. Kami menyadari kesulitan, tetapi kami harus mencoba," tutur Giampaolo, dikutip dari Football Italia.

Allenatore48 tahun itu menggambarkan betapa penting bagi timnya berada di Seri A. Menurut dia, itu sama saja meraih scudetto. Saat ini Empoli berada di tangga ke-11, mengantongi 36 poin.  rep: Frederik Bata, ed: Fernan Rahadi

 

RUGANI DYBALA BUFFON STURARO PADOIN POGBA MORATA HERNANES LEMINA SANDRO CUADRADO LAURINI SAPONARA PUCCIARELLI MARIO RUI CROCE ZIELINSKI SKORUPSKI TONELLI MACCARONE PAREDES COSTA 

 

JUVENTUS 

PELATIH MASSIMILIANO ALLEGRI

 

EMPOLI 

PELATIH MARCO GIAMPAOLO 

 

FAKTA ANGKA 

19 Juventus meraih 19 kemenangan dalam 20 laga Seri A terakhir.

6 Juventus clean sheetdalam enam laga kandang Seri A terakhir. 

973 Buffon menjadi kiper terbaik Seri A sepanjang masa dengan catatan 973 menit tak kebobolan. Ia melewati rekor Sebastiano Rossi.

1999 Terakhir Empoli mengatasi Juve di ajang Seri A terjadi pada awal April 1999 ketika si Biru menang 1-0.

 

LIMA PERTEMUAN TERAKHIR

08/11/15Empoli1-3Juventus 

05/04/15Juventus2-0Empoli 

02/11/14Empoli0-2Juventus 

20/03/08Empoli0-0Juventus 

16/01/08Juventus5-3Empoli

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement