Sabtu 16 Jan 2016 20:53 WIB

Malam Istimewa Sang Kolektor

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,  SWISS--"Ladies and gentlemen, the FIFA Ballon d'Or 2015 goes to Lionel Messi."Begitulah ucapan Ricardo Kaka ketika mengumum kan nama pemenang penghargaan pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or 2015, Senin (11/1) malam waktu Swiss.

Dalam seremoni yang diadakan di Zurich Kongresshaus, Swiss, itu, Messi di dampingi oleh kekasihnya, Antonella Roccuzzo, yang terlihat memangku putra sulung mereka, Thiago Messi. La Pulga duduk tak berjauhan dengan dua kompetitornya, Cristiano Ronaldo dan Neymar. Setelah Kaka mengumumkan nama Messi sebagai pemenang, sorotan kamera langsung tertuju pada diri pesepak bola 28 tahun itu.

Wajah Messi terlihat berseri-seri. Ia langsung mengecup Antonella dan Thiago. Kemudian bersalaman dengan Neymar dan Ronaldo. Setelah itu, ia naik ke panggung untuk menerima piala bola emas yang juga diserahkan langsung oleh Kaka.

Dalam pernyataan testimoninya, Messi merasa sangat senang dengan raihan FIFA Ballon d'Or 2015. Bagaimana tidak? Penghargaan itu adalah yang kelima baginya. Sebelumnya, ia juga mendapatkannya pada 2009, 2010, 2011, dan 2012. Raihan lima piala Ballon d'Or itu adalah yang terbanyak dibandingkan pemain-pemain yang sudah pernah memenanginya. Messi menyebut Barcelonalah yang mem buat dirinya bisa memenangi Ballon d'Or sebanyak lima kali. Baginya, kesuksesan memenangkan Ballon d'Or juga sebagai penanda keberhasilan Barcelona. Menurut pria kelahiran Rosario, Argentina, itu, dirinya tak akan pernah memenangkan gelar individu apa pun tanpa kerja keras dari semua pemain Barcelona.

"Saya berterima kasih kepada semua pemain Barcelona. Keberhasilan ini berkat kerja keras rekan-rekan saya di Barcelona," kata Messi.

Pemain bertinggi badan 1,7 meter itu mengaku terobsesi dengan Ballon d'Or kelimanya tersebut. Dua tahun sebelumnya, ia dikalahkan sang rival Cristiano Ronaldo berturut-turut. "Ini adalah saat yang istimewa bagi saya. Dua tahun (2013-2014), saya hanya menonton melihat Cristiano Ronaldo yang jadi pemenang," ucapnya.

Kemenangan Messi itu berdasarkan hasil votingyang diikuti oleh kapten tim, pe latih, dan jurnalis yang berasal dari ne gara-negara anggota FIFA. Messi mendapatkan 41,33 persen suara. Untuk urutan kedua, bintang Real Madrid CR7 memper oleh suara sebanyak 27,76 persen. Sedang kan, Neymar hanya 7,86 persen di peringkat tiga.

Usai penyelenggaraan, berbagai macam argumen terkait Ballon d'Or kelima Messi ini bermunculan di semua media massa di dunia. Banyak yang kagum, tak sedikit yang memuji dan geleng-geleng kepala dengan sepak terjang pemain bernomor punggung 10 itu. Pujian juga datang dari pesaing utama, Ronaldo.

Pemenang Ballon d'Or 2013 dan 2014 itu mengatakan, Messi pantas memenangkannya untuk 2015. Ronaldo mengakui, Messi dan Neymar telah menorehkan prestasi hebat sepanjang tahun lalu. Los Azulgrana telah memenangkan lima trofi bergengsi, sebut saja Piala Dunia Antarklub, Liga Champions, Piala Super Eropa, La Liga, dan Copa Del Rey. "Saya tak kaget melihat Messi memenangi Ballon d'Or. Messi dan Neymar memenangkan banyak gelar pada 2015," kata Ronaldo dikutip dari Marca.

Namun, pencapaian Messi ini mendapatkan komentar sinis dari legenda sepak bola Brasil, Roberto Carlos. Eks bek Real Madrid itu awalnya mengakui Messi begitu superior dengan torehan lima Ballon d'Or. Tetapi, catatan itu menurut dia belum lengkap untuk menyejajarkan Messi dengan dua legenda besar sepak bola, seperti Pele dan Diego Maradona.

Bagi Carlos, Messi bisa setara dengan Pele dan Maradona bila sukses membuat Argentina menjadi juara dunia. Sampai saat ini kebintangan Messi dilihat Carlos hanya di level klub. Di Barcelona, Messi memang sudah mengoleksi semua gelar yang membanggakan. Bagi Argentina, El Messiah belum sekali pun membuat prestasi tinggi. Dua tahun terakhir, Messi selalu gagal membawa Argentina menjadi juara.

Pada 2014 silam, Messi gagal mengantar kan tim Tango menjadi juara dunia di Bra sil setelah mereka kalah oleh Jerman di partai puncak. Tahun 2015 lalu, ia juga gagal membawa Argentina juara di Copa America setelah kalah dari tuan rumah Cile lewat adu penalti. "Messi harus melakukan sesuatu untuk Argentina. Pele dan Maradona mampu membuat negaranya keluar sebagai juara di Piala Dunia," ucap Carlos. rep: Febrian Fachri  ed: Fernan Rahadi

DAFTAR PEMENANG FIFA BALLON D'OR

TahunPemenang Pertama Pemenang Kedua Pemenang Ketiga

2010 Lionel Messi Andres Iniesta Xavi

2011 Lionel Messi Cristiano Ronaldo Xavi

2012 Lionel Messi Cristiano Ronaldo Andres Iniesta

2013 Cristiano Ronaldo Lionel Messi Franck Ribery

2014 Cristiano Ronaldo Lionel Messi Manuel Neuer

2015 Lionel Messi Cristiano Ronaldo Neymar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement