Sabtu 28 Nov 2015 20:56 WIB

Lanjutkan Kedigdayaan

Red: operator

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

REPUBLIKA.CO.ID,  BARCELONA--Barcelona sudah menemukan performa terbaiknya kembali. Komposisi pemain terbaik yang diturunkan oleh entrenador Luis Enrique sudah mulai menjadi ancaman bagi setiap lawan yang dijumpai oleh Los Azulgrana. Bukti teranyar di La Liga, mereka baru saja mengempaskan raksasa Spanyol sekaligus rival utamanya, Real Madrid, pada laga El Clasico di Santiago Bernabeu dengan skor fantastis 4-0.

Hasil yang membuat penikmat sepak bola tak ragu lagi dengan kapasitas peraih treble winnersmusim lalu itu dalam kampanye mempertahankan gelar. Sejak awal Barcelona memang terlihat sedikit labil. Mereka sulit ke puncak klasemen ketika sejumlah pemain- pemain pilar, seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Pique, sempat absen cukup lama.

Sekarang, semuanya sudah kembali menghiasi skuat Enrique. Apalagi pada El Clasico kemarin, Barca sudah kembali tersenyum lebar melihat Messi yang sudah tak mengeluhkan kondisi lututnya lagi. Sementara, dua bintang lini depan Blaugrana Luis Suarez dan Neymar, juga sama-sama tiada henti menggelontorkan gol-gol ke gawang lawan sehingga mengantarkan Barca duduk manis di puncak klasemen La Liga. Barca sudah punya 30 poin dari 12 jornada, unggul empat angka atas Atletico Madrid di posisi dua.

Dikutip dari situs resmi Barcelona, Enrique pun mengungkapkan rasa senangnya dengan kembalinya para pemain andalan dari badai cedera. Adanya Messi kembali ke daftar skuat membuat pelatih 45 tahun itu kian percaya diri untuk dapat mengulang prestasi gemilang musim lalu.

Ketika Messi tak bermain selama hampir tiga bulan, Enrique pun sebenarnya yakin Barca tetap kuat karena Suarez dan Neymar mampu menutup lubang yang ditinggalkan oleh La Pulga. Sekarang dengan adanya Messi, menurut Enrique, tim manapun harus waspada karena kombinasi ketiganya sulit ditahan oleh pemain- pemain bertahan lawan. "Messi sudah tak mengeluhkan lututnya lagi. Lihatlah dia ketika ada di lapangan untuk kami," kata Enrique.

Sementara dalam menyuplai Messi, Neymar, dan Suarez, Enrique juga lega dengan Andres Iniesta dan Ivan Rakitic yang juga sudah dalam performa bagus. Usai membantai Madrid pekan lalu, Enrique mengaku beruntung memiliki pemain sekelas Iniesta. Sebab, pemain 31 tahun itu dinilainya punya visi permainan yang mudah dipahami oleh tiga pemain depan. Tak hanya sanggup melepaskan umpan-umpan matang, Iniesta juga lihai dalam memanfaatkan peluang mencetak gol dari lini kedua.

Akhir pekan ini, untuk melanjutkan kedigdayaan Barcelona, mereka akan kedatangan tim tamu asal Kota San Sebastian, Real Sociedad, pada Sabtu (28/11) malam WIB nanti. Sociedad menjelang lawatan ke Camp Nou juga sebenarnya sedang dalam kondisi bagus. Akhir pekan lalu, mereka baru saja menang atas tim kuat Sevilla di Anoeta dengan skor 2-0.

Hasil itu melambungkan harapan pendukung La Real karena hasil tersebut menjadi kemenangan perdana usai pemecatan pelatih David Moyes. Sekarang, dengan pelatih baru Eusebio Sacristan, Sociedad sudah tampil dengan visi permainan yang berbeda dengan era Moyes.

Eusebio pun sudah pasang kuda-kuda karena laga keduanya membesut Sociedad adalah meng hadapi Barcelona. Melawan mantan klubnya itu, Eusebio paham betul bahwa bukanlah perkara mudah untuk memetik kemenangan.

Namun, tantangan itu justru akan menjadi motivasi tersendiri bagi Eusebio dan semua pemain. Karena, sejak awal menangani tim, Eusebio langsung dihadapkan dengan tim-tim kuat sehingga memicumya untuk memancing semua kemampuan yang dimiliki oleh anak- anak San Sebastian. "Saya sangat senang (jumpa Sevilla dan Barcelona) karena akan menuntut kinerja maksimal kami," ujar pelatih berusia 51 tahun itu.  c08, ed: Fernan Rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement