Sabtu 03 Oct 2015 19:36 WIB

Aroma Dendam

Red: operator

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA--Big matchakan tersaji di pekan ketujuh La Liga musim ini di mana raksasa Spanyol Barcelona akan bertandang ke Ramons Sanchez Pizjuan, markas Sevilla, pada Sabtu (3/10) malam WIB. Selain un tuk memperebutkan tiga poin yang akan mem perbaiki posisi masing-masing di papan klasemen sementara, laga ini juga akan spesial bagi kedua tim.

Baik Sevilla maupun Barcelona awal musim sebelumnya juga terlibat laga sengit saat memperebutkan trofi Piala Super Eropa pada pertengahan Agustus lalu. Pada laga tersebut, Barcelona berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor tipis 5-4 setelah melewati laga sengit hingga babak perpanjangan waktu. Meski Barcelona yang keluar sebagai kampiun, banyak pihak yang menilai bahwa Sevilla juga tampil sangat baik yang membuat tenaga Blaugrana terkuras.

Momen pertemuan keduanya di ajang La Liga nanti ini akan dimanfaatkan betul oleh skuat asuhan Unai Emery untuk membalas den- dam dan membuktikan bahwa klub Andalusia itu adalah satu kekuatan yang patut diperhi- tungkan di Spanyol dan juga Eropa. Sevilla pun dalam kondisi yang cukup baik karena sepekan sebelumnya mereka baru saja merebut kemenangan atas Rayo Vallecano di markas mereka, Ramon Sanchez Pizjuan.

Usai merebut kemenangan perdana buat Sevilla di La Liga musim ini, pelatih Unai Emery yakin pada laga-laga selanjutnya, termasuk melawan Luis Suarez dan kawan-kawan, akan bisa dimenangkan Sevilla karena mereka telah menemukan pola permainan yang cukup baik setelah meraih hasil negatif sejak awal musim.

"Tim ini punya kualitas baik. Memang ada sedikit gangguan di awal musim. Tapi, kami akan meraih hasil-hasil positif," kata Emery, dikutip dari Football Eapana, tengah pekan ini.

Mantan pelatih Valencia itu juga yakin kemenangan atas Rayo juga mengurangi tekanan di benak pemain untuk dapat bermain sesuai in- struksinya. Sebab, sejauh ini Sevilla yang banyak kedatangan pemain baru masih berupaya mencari pola terbaik dan baru didapatkan pekan lalu. Pada klasemen sementara, mereka juga bernapas lega karena sudah keluar dari zona de gra dasi dan duduk di posisi 16 klasemen La Liga sementara dengan lima poin.

Melawan klub besar seperti Barcelona, Emery juga yakin Fernando Llorente dan kawan- kawan akan tampil menyerang tanpa beban, seperti yang mereka perlihatkan musim lalu yang berujung pada gelar juara Liga Europa 2014- 2015. "Kami harus tetap tenang dan tampil berani melawan siapa pun lawan kami," ujar pelatih berusia 43 tahun itu.

Di saat kondisi tuan rumah yang sedang dalam on fire, Barcelona pun siap membungkam Los Rojiblancos untuk kedua kalinya musim ini. Sebab, usai kekalahan dari Celta Vigo pada pekan kelima, Barcelona sudah bisa bangkit dan kembali ke trek kemenangan di dua laga teakhir, di mana Blaugrana mengalahkan Las Palmas dan Bayer Leverkusen tengah pekan lalu di Liga Champions.

Meski tanpa Lionel Messi yang cedera selama dua bulan ke depan, Barcelona mengklaim kekuatan Barcelona tetap bisa diperhitungkan karena masih memiliki amunisi lain untuk mengancam tim lawan.

Striker asal Brasil Neymar pun menegaskan bahwa ia bersama pemain lain siap menunjukkan kepada semua penikmat sepak bola dunia bahwa mereka bisa menang tanpa Messi di lapangan. "Kita sadar pemain berkualitas seperti Messi tidak bersama kami di lapangan. Tetapi, Barcelona bukan Messi seorang. Kami semua akan bekerja dan menunjukkan kami bisa menang," kata Neymar dikutip dari situs resmi klub.

Meski sedang memulai kembali trek kemenangan, Enrique juga sedang diganggu oleh problem cedera pemain di sejumlah titik yang membuat pelatih 45 tahun itu harus memutar otak saat bertandang ke markas Sevilla. Selain Messi, Enrique juga diresahkan dengan kabar cederanya kapten dan juga dirigen lapangan tengah Barca Andres Iniesta pada saat melawan Leverkusen. Iniesta melengkapi daftar cedera Barcelona untuk menyusul Messi, Rafinha, Thomas Vermaelen, dan Adriano Correia.

Sedikit angin segar untuk Enrique adalah sembuhnya penjaga gawang Claudio Bravo yang hampir satu bulan absen. Semenjak Ter Stegen menggantikan Bravo, gawang Barcelona memang selalu kebobolan yang sangat merugikan raihan poin Barcelona. "Problem cedera adalah suatu hal yang buruk. Kita harus bisa melewati ini," ujar Enrique. c08, ed: Fernan Rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement