Sabtu 04 Jul 2015 20:22 WIB

Inspirasi dari Praha

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA--Setelah Swedia sukses seba gai juara pada turnamen Piala Eropa U-21 di Eden Arena, Praha, Republik Ceko, pelatih Hakan Ericson berharap kesuksesan timnya akan menginspirasi generasi muda di negaranya. Ia berharap para pemuda Swedia akan paham bahwa segalanya bisa terjadi dalam sepak bola.

"Saya harap semakin banyak pemuda Swedia yang mulai bermain sepak bola," katanya, dikutip Forza Italian Football.

Swedia menjadi juara setelah mengalahkan Portugal lewat adu penalti degan skor 4-3, Rabu (17/7) dini hari WIB. Adu penalti ini terjadi setelah ke dua tim tak mampu membobol gawang lawan dalam dua babak plus dua kali perpanjangan waktu.

Swedia mengawali kesuksesan tak terduga ini setelah bermain imbang dengan Portugal pada laga terakhir babak penyisihan Grup B. Gara-gara hasil itu, Italia harus rela tersingkir meskipun finis dengan raihan nilai yang sama dengan tim Skandinavia tersebut. Hal itu disebabkan tim Azzurrini kalah 1-2 dari Swedia pada laga pembuka keduanya.

Hal ini berlanjut dengan kemenangan Swedia atas sesama tim Skandinavia, Denmark, dengan skor 4-0 pada babak semifinal. "Ini seperti dongeng yang luar biasa," ungkap Ericson.

Kedua tim sama-sama punya peluang emas untuk mencetak gol dalam laga final tersebut. Salah satu peluang emas yang dimiliki Portugal lewat tendangan bebas Sergio Oliveira gagal setelah membentur mistar gawang Swedia.

Sementara dari pihak Swedia, meski berada bawah tekanan sepanjang pertandingan, tim ini memperlihatkan perjuangan yang gigih. Kesempatan emas mereka hadir saat tendangan jarak dekat striker Celtic, John Guidetti, mampu diselamat kan kiper Portugal, Jose Sa.

Pada adu tos-tosan, kiper Swedia, Patrik Carlgren, keluar sebagai pahlawan setelah mampu menggagalkan dua tendangan algojo Portugal, Ricardo Esgaio dan William Carvalho. Sementara dari Swedia hanya satu pemain yang gagal mengeksekusi penalti, yakni Abdul Khalili.

Dalam pertandingan itu, Ericson merasa timnya menunjukkan organisasi permainan yang sangat baik serta memiliki semangat yang fantastis.  rep: Risa Herdahita ed: Fernan Rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement