Sabtu 16 Aug 2014 21:11 WIB

Dominasi Mercedes Bukan Soal Mesin

Red: operator

Sebagai tim maupun pemasok mesin, Mercedes sukses mendominasi ajang balap Formula 1 (F1) pada paruh perdana musim ini. Mesin enam silinder (V6) buatan pabrikan asal Jerman itu disebut-sebut sebagai kunci kesuksesan.

Direktur Teknik Mercedes Paddy Lowe menampik mesin menjadi faktor satu-satunya dominasi Mercedes musim ini. Menurut dia, mesin hanyalah satu bagian dari resep kesuksesan Mercedes.

"Mobil Formula 1 adalah soal performa sistem, bukan soal elemen-elemen individual," kata Lowe awal pekan ini seperti dilansir Eurosport.

Mercedes memenangi sembilan dari 11 seri sejauh ini. Tim-tim pengguna mesin Mercedes juga menguasai empat dari enam posisi teratas pada klasemen konstruktor. Menurut Lowe, pencapaian itu merupakan kerja keras dari masing-masing tim.

Lowe memaparkan, kecepatan yang dimiliki mobil Mercedes saat ini adalah buah kombinasi dari efisiensi mesin, aerodinamika, suspensi, dan aspek-aspek lainnya. Kecepatan mobil, lanjut dia, sangat tergantung pada bagai mana teknisi-teknisi tim menyeimbangkan aspek-aspek tersebut.

"Mobil kami sangat cepat. Tapi, ada mobil-mobil lain dengan mesin sa ma tidak memiliki kecepatan yang sama," ucapnya.

Pada beberapa balapan terakhir, tim-tim dan pabrikan-pabrikan rival mampu menyaingi dominasi Mercedes. Lowe menilai, hal tersebut merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan oleh pabrikan lain, khu susnya Renault. Untuk menjaga jarak, Mer cedes akan terus melakukan pengembangan dari sistem yang sudah ada.

Lowe optimistis, Mercedes masih bisa terus memimpin pada paruh kedua musim yang akan mulai bergulir pekan depan. Ia mengaku tak khawatir dengan program-program pengembangan yang dilakukan Ferrari dan Renault. "Kami fokus pada program kami sendiri. Kami akan bekerja keras meningkatkan performa mobil dari balapan ke balapan," jelasnya. rep:Adi Wicaksono ed:endro yuwanto

10 BESAR KLASEMEN SEMENTARA

1. Nico Rosberg (Jerman/Mercedes)202 poin

2. Lewis Hamilton (Inggris/Mercedes)191

3. Daniel Ricciardo (Australia/Red Bull)131

4. Fernando Alonso (Spanyol/Ferrari)115

5. Valtteri Bottas (Finlandia/Williams)95

6. Sebastian Vettel (Jerman/Red Bull)88

7. Nico Hulkenberg (Jerman/Force India)69

8. Jenson Button (Inggris/McLaren)60

9. Felipe Massa (Brasil/Williams)40

10. Kevin Magnussen (Denmark/McLaren)37

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement