Sabtu 26 Jul 2014 14:00 WIB

Los Blancos Lebih Menjanjikan

Red: operator

Madrid disebutsebut memiliki tim dengan serangan paling dinamis berdasarkan komposisi skuat saat ini.

Klub raksasa Spanyol, Real Madrid, terus membuat gebrakan di lantai bursa transfer pemain musim panas Eropa kali ini. Meski baru mendatangkan dua pemain, kehadiran Toni Kroos dan James Rodriguez dianggap sudah cukup buat Los Blancos dalam mengatasi perlawanan yang bakal diberikan dua rival terdekat di La Liga Spanyol, Barcelona dan Atletico Madrid.

Bahkan, anggapan paling ekstrem menyebutkan, jika La Liga digelar pada saat ini, Real Madrid bakal menempati urutan pertama dalam kandidat kuat juara La Liga. Anggapan ini rasanya tidak terlalu berlebihan. Diawali dari Kroos, Madrid memulai geraknya di bursa transfer pemain. Namun, alih-alih mendapatkan Kroos dengan nilai transfer selangit, Madrid menebus gelandang berusia 24 tahun itu dengan nilai transfer ha nya 26 juta pound atau Rp 505 miliar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Fernando Llano/AP

James Rodriguez

Dari aspek finansial, Madrid jelas lebih diuntungkan atas transfer pe main yang memulai kariernya di tim junior Hansa Rostock tersebut. Nilai transfer 26 juta pound dianggap cukup murah buat gelandang yang baru saja mengantarkan Jerman meraih titel paling bergengsi di sepak bola, Piala Dunia. Selain itu, deretan trofi ternama pun telah diraih Kroos kala memperkuat Bayern Muenchen, termasuk saat mengantarkan the Bavarians meraih treble winners.`'Pemain luar biasa telah hadir bersama kami.

Pemain paling komplet di sepak bola modern. Dia adalah pemain yang sangat muda dengan deretan trofi bergengsi. Penampilannya di Piala Dunia 2014 juga sangat luar biasa. Dia datang ke sini untuk membantu kami mewujudkan lanjutan mimpi kami, menjuarai Liga Champions untuk ke-11 kalinya,'' kata Presiden Real Madrid Florentino Perez saat memperkenalkan Kroos ke publik Stadion Santiago Bernabeu.

Sementara, di aspek permainan, kehadiran Kroos akan membuat juru taktik Real Madrid, Carlo Ancelotti, memiliki semua kemewahan terkait pemilihan pemain di lini tengah. Kroos bisa disandingkan dengan Luca Modric ataupun Sami Khedira.

Belum lagi, dengan adanya kemungkinan kombinasi memainkan Isco dan Xabi Alonso. Sedangkan, buat Rodriguez, terlepas dari keraguan soal nilai transfer yang digelontorkan Madrid, tapi status Rodri guez sebagai peraih se p atu emas Piala Dunia 2014 sudah cukup mewakili kualitas yang tergambar da ri nilai transfer sebesar 70 juta pound atau se tara Rp 1,3 triliun. Eks pe main AS Mo na co itu juga akan mampu mengisi satu tem pat di lini tengah maupun ber main di posisi sebagai gelandang serang atau sebagai false 9.

Barca dan Atletico tetap mengancam Dengan adanya dua pemain termahal di dunia, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale, kemudian ditambah Rodriguez dan Kroos, skuat Real Madrid memang memiliki barisan pemain terkuat, tidak hanya di Eropa, tapi juga di dunia. Madrid pun disebut-sebut memiliki tim dengan serangan paling dinamis berdasarkan komposisi skuat saat ini.Kendati begitu, rival abadi Madrid di La Liga, Barcelona, justru sudah menebar ancaman lewat perekrutan penyerang Liverpool, Luis Suarez.

Status Suarez sebagai top skor Liga Primer Inggris musim lalu dengan torehan 31 gol dari 33 laga, jelas menjadi acuan yang tepat untuk bisa berharap pada kemampuan penyerang berjuluk El Pistolero tersebut. Di sisi permainan, Suarez dianggap tidak akan memiliki waktu lama untuk bisa beradaptasi di lini depan El Barca yang telah dihuni Lionel Messi dan Neymar. Namun, satu-satunya kekurangan dalam perekrutan striker berusia 27 tahun itu adalah sanksi larangan bertanding yang dijatuhkan kepada Suarez setelah menggigit bahu bek timnas Italia, Giorgio Chiellini, dalam ajang Piala Dunia 2014.

Atas perilakunya itu, pemain yang ditebus dengan nilai transfer 75 juta pound atau Rp 1,4 triliun itu tidak boleh terlibat dalam urusan sepak bola selama empat bulan dan bakal absen dalam beberapa laga awal La Liga. Kendati begitu, pelatih Barcelona, Luis Enrique, tidak terlalu ambil pusing atas sanksi tersebut. `'Kondisi idealnya adalah kami memiliki semua pemain sebelum kompetisi dimulai. Musim kompetisi mendatang akan sangat panjang, saya yakin semua pemain akan memiliki kesempatan untuk bisa merumput,'' ujar Enrique di Daily Mail.

Kendati begitu, sulit rasanya untuk tidak mempertimbangkan aspek kejutan dalam sebuah kompetisi. Aspek inilah yang akan menjadi senjata andalan Atletico Madrid. Los Rojiblancos, seperti biasanya, tidak terkesan jorjoran dalam mendatangkan pemain. Tercatat, hanya striker Bayern Muenchen, Mario Mandzukic, yang menjadi pemain top yang hingga saat ini didatangkan Los Rojiblancos.

Mandzukic datang dengan banderol 19 juta pound atau Rp 390 miliar.Selain itu, di sisi lain, prestasi gemilang Atletico dengan menjuarai La Liga musim lalu dan melaju ke partai final Liga Champions, membuat sejumlah penggawa andalan Los Rojiblancos diminati tim-tim besar lain dan telah memutuskan hijrah. Namun, tirai kompetisi La Liga belum sepenuhnya di mulai dan bursa transfer pemain setidaknya masih menyisakan enam pekan lagi. Semua tim masih memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjuarai La Liga. Dan, faktor utama keberhasilan itu bukan hanya bergantung pada manuver di lantai bur sa transfer pemain, tapi juga konsistensi permainan dan sedikit masalah keberuntungan. rep:reja irfa widodo ed:endro yuwanto

PERGERAKAN TRANSFER TIGA KLUB PAPAN ATAS SPANYOL (per 24 Juli)

REAL MADRID

Masuk:

James Rodriguez (AS Monaco) -70,40 juta pound Toni Kroos (Bayern Muenchen) -26,40 juta pound Keluar:

Alvaro Morata (Juventus) -17,60 juta pound Nuri Sahin (Borussia Dortmund) -6,16 juta pound

BARCELONA

Masuk:

Luis Suarez (Liverpool) -71,28 juta pound Jeremy Mathieu (Valencia) -17,60 juta pound Ivan Rakitic (Sevilla) -15,84 juta pound Marc Andre-Stegen (Moenchengladbach) -10,56 juta pound Claudio Bravo (Real Sociedad) -10,56 juta pound

Keluar:

Alexis Sanchez (Arsenal) -33,26 juta pound Cesc Fabregas (Chelsea) -29,04 juta pound Bojan Krkic (Stoke City) -4.40 juta pound Jonathan Dos Santos (Villarreal) -1,76 juta pound

ATLETICO MADRID

Masuk:

Mario Mandzukic (Bayern Muenchen) -19,46 juta pound Jan Oblak (Benfica) -14,08 juta pound Guillerme Siqueira (Granada) -8,80 juta pound Angel Correa (San Lorenzo) -5,38 juta pound Miguel Angel Moya (Getafe) -2,64 juta pound

Keluar:

Diego Costa (Chelsea) -33,44 juta pound Filipe (Chelsea) -17,6 juta pound Adrian (FC Porto) -9,86 juta pound Roberto (Olimpiakos) -5,28 juta pound Sergio Asenjo (Olimpiakos) -4,40 juta pound

sumber:transfermarkt

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement