Jumat 09 Dec 2016 16:00 WIB

Berwisata ke Monako-nya Indonesia

Red:

 

Republika/Agung Supriyanto  

 

 

 

 

 

 

 

 

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba? Danau tekto-vulkanis dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatra Utara. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau Toba menyimpan sejuta pesona pariwisata di Sumatra Utara.

Selain tempatnya yang sejuk, Danau Toba juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Sejauh mata memandang kita akan disuguhkan pemandangan bukit hijau dengan latar depan danau, tak heran jika Danau Toba disebut sebagai 'Monako'-nya Indonesia.

Banyak tempat wisata di Danau Toba, salah satunya adalah Pulau Samosir. Perjalanan menuju Pulau Samosir  dapat ditempuh menggunakan kapal feri, dari Pelabuhan Aji Bata menuju Pelabuhan Tomok selama 40 menit. Pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba ini selain menyuguhkan pemandangan alam juga memiliki berbagai wisata sejarah dan budaya Batak, seperti pementasan Tari Adat Batak Sigale-gale, Kuburan Tua Raja Sidabutar, Desa Wisata Tomok Parsaoran, serta cendera mata khas Batak, kain ulos.

Namun sayang, keindahan alam Danau Toba ini terbilang sepi dari wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini karena infrastruktur yang kurang memadai serta sulitnya akses menuju Danau Toba. Berbagai cara kini dilakukan pemerintah pusat untuk pemenuhan infrastruktur wisatawan, seperti  membangun jalan tol menuju kawasan Danau Toba serta pembukaan rute penerbangan dari Bandara Kualanamu. Jalur penerbangan Medan menuju Bandara Silangit, Siborong-borong - Tapanuli Utara diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Danau Toba serta perekonomian masyarakat sekitarnya.    Foto dan Teks Agung Supriyanto, ed: Yogi Ardhi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement