Ahad 25 Sep 2016 16:14 WIB

Menghuni Penjara di Dalam Rumah

Red: Arifin

Judul: Room 

Penulis: Emma Donoghue 

Penerbit: Naura Books 

Cetak Pertama: Agustus, 2016 

Hal: 406 halaman.

 

Jack tinggal dengan Madi sebuah kamar ? di ruangan itu ada dapur kecil, bak mandi, lemari, tempat tidur dan satu set TV. Sehari-hari sejak lahir, hanya ruangan itulah yang dia kenal. Dia percaya ruangan itu nyata. Ma, yang tak mau mengecewakan Jack dengan hal-hal yang tidak bisa dia berikan, berusaha sekuat tenaga untuk memberikan hal yang terbaik bagi Jack.

Dia berusaha membuatnya bahagia dan sehat ? baik secara fisik maupun mental.

Selain Ma, Jack hanya tahu Si Tua Nick ?

orang yang mengunjungi kamar pada malam hari, ketika Ma menyuruh Nick bersembunyi hingga tertidur di lemari.

Selain mengunjungi Ma, si Tua Nicklah yang menyediakan makan dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Yang Jack tidak paham adalah: Si Tua Nick telah menculik Ma pada usia sembilan belas tahun, memenjarakan Ma di ruang kecil itu selama tujuh tahun dan memperkosanya. Jack adalah anak yang lahir karena perbuatan biadab si Tua Nick kepada Ma.

Roomatau Kamar adalah novel karya Emma Donoghue ? penulis Irlandia ?

Kanada. Terbit pertama kali pada 2010, inspirasi Roomberasal dari kisah nyata.

Donoghue menuliskan kisah dramatis ini ketika mendengar berita tentang kasus Fritzl. Pada 2008, seorang wanita bernama Elisabeth Fritzl dipenjara ayahnya, Josef Fritzl, selama 24 tahun di sebuah ruangan bawah tanah di kota Amstetten, Austria. Selama dipenjara dia diperkosa dan melahirkan sejumlah anak, hingga kemudian pihak berwenang berhasil mengungkap kejahatan tersebut pada April 2008.

Dalam Room, Donoghue mengemas kisah dramatis penyekapan itu melalui kacamata seorang anak berusia lima tahun ? seorang anak yang lahir dan besar di sana, tidak mengenal orang lain dan dunia di luar kamar tersebut.

Walhasil, bagi Jack kamar kecil itu adalah rumah dan dunia; sementara bagi Ma ruangan itu tak lebih sebuah horor penjara. Hasilnya, sebagaimana ditulis oleh Washington Post, adalah sebuah cerita yang kompleks dan mengharukan.

Tidak heran jika novel ini meraih sejumlah penghargaan. Termasuk ketika diadaptasi menjadil film dengan judul yang sama pada November 2015. Room memperoleh empat nominasi Academy Awards, dengan Brie Larson, yang berperan sebagai Ma, memenangkan Academy Award untuk kategori Aktris Terbaik.   Nina CH

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement