Jumat 23 Sep 2016 18:00 WIB

Karapan Sapi Brujul Adu Cepat Sapi Pembajak Sawah

Red:

Para petani di Kota Probo linggo mempunyai cara unik saat pesta panen raya tiba. Mereka menggelar tradisi kerapan sapi brujul, yang dibentuk sebagai perlombaan. Kali ini bertepatan dengan "Seminggu di Probolinggo" (Semipro) 2016, Karapan Sapi Brujul digelar. Karapan Sapi Brujul digelar di Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Karapan Sapi Brujul yang diikuti 60 pasang sapi dari berbagai daerah tersebut merupakan sapi-sapi yang sering digunakan sehari-hari sebagai pembajak sawah.

Area persawahan yang dipenuhi lumpur menjadi tempat perlombaan, dengan jarak tempuh sekitar 100 meter. Sapi-sapi pun dipacu dengan para jokinya bersimbah lumpur memperton tonkan ketangkasan mereka mengen dali kan dua ekor sapi yang berlari liar membelah air yang menggenangi sawah. Iringan gamelan menjadikan para joki dan acuannya bertambah sema ngat. Seharian penuh mereka berlaga memompa adrenalin, beradu ketang kasan memacu sapi-sapi pembajak sawah.

Saat ini perlombaan tersebut tidak lagi dilaksanakan pada musim tanam padi saja, namun di luar musim tersebut juga sering diselenggarakan. Karapan sapi brujul merupakan salah satu tradisi di Kota Probolinggo. Lomba karapan sapi brujul juga dimaksudkan sebagai ajang cara silaturahmi antar petani setempat, dan sebagai obyek wisata Kota Probolinggo.    ed: Yogi Ardhi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement