Ahad 15 May 2016 15:47 WIB

Menjalani Masa Tua dengan Bahagia

Red: operator

Judul:Tetap Sehat Setelah Usia 40 

Penulis:dr Salma 

Penerbit: Gema Insani Press 

Cetakan: Juni, 2015 

Tebal: xviii 322 hlm 

 

Usia 40 bisa dikatakan sebagai tonggak kehidupan. Di usia ini, kita mulai menyaksikan perubahan yang cukup nyata dalam tubuh kita. Kulit telah mulai kehilangan kelenturannya, dan rambut pun mulai menipis serta memutih sebagian. Massa otot di usia ini menyusut dengan laju satu persen setahun, membuat badan tidak lagi sekencang dahulu.

Penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, dan lain-lain juga mungkin mulai menggerogoti. Tubuh kita bahkan mungkin sudah menyimpan bibit kanker yang belum menimbulkan gejala. Selain itu, berbagai jenis penyakit yang tidak mematikan dapat mulai ber kembang. Menjaga berat badan ideal semakin berat dengan melambatnya metabolisme.

Hal ini juga bisa menjadi sumber penyakit.

Apakah tidak ada yang bisa dilakukan?

Menurut penulis buku ini, yang berpengalaman sebagai dokter selama 17 tahun, banyak hal yang bisa dilakukan agar bisa tetap sehat setelah usia 40 tahun. Hal yang paling utama adalah menjalani pola hidup sehat. Penulis menegaskan bahwa menjalani pola hidup yang sehat dapat membantu kita menjalani penuaan yang sehat. Dengan kata lain, menjalani masa tua dengan sehat dan bahagia. "Rahasia berumur panjang dan tetap sehat hanyalah gaya hidup." (hlm 5)

Tentu saja, semakin dini menjalani pola hidup sehat, akan semakin baik. Jadi, tak perlu menunggu usia 40 untuk menjalani hidup sehat.

Sesibuk apa pun urusan rumah tangga maupun pekerjaan di kantor atau urusan bisnis, tidak boleh menjadi alasan bagi kita untuk mengabaikan pola hidup sehat. "Mengembangkan kebiasaan sehat sejak dini adalah penting untuk menjadi dewasa yang sehat dan mencegah berbagai masalah kesehatan." (hlm 2)

Buku ini memuat 100 artikel kesehatan yang dapat membantu para pembaca untuk menjalani pola hidup sehat. Artikel-artikel tersebut dikelompokkan menurut tema, yakni panjang umur, penyakit, pemeriksaan kesehatan, olahraga, makanan, kopi dan rokok, berat badan, perawatan tubuh, dan kesehatan mental. Sebagai seorang dokter, penulis tidak hanya menguraikan tentang menjalani pola hidup sehat dengan ulasan medis. Penulis tidak antipati terhadap obat-obatan herba. Ia juga menganjurkan kita mengonsumsi herba, sejauh hal itu bermanfaat bagi kita.

Buku ini sangat perlu dibaca oleh orang- orang yang berusia 40 tahun ke atas. Namun, buku ini juga penting dibaca oleh mereka yang berusia lebih muda, untuk mempersiapkan diri sedini mungkin menyambut dan menjalani hari tua dalam keadaan sehat dan bahagia.   Irwan Kelana

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement