Jumat 29 Jan 2016 16:00 WIB

Sentra Industri Gerabah Lombok

Red:

Industri pariwisata menjadi salah satu andalan masyarakat Pulau Lombok. Beberapa destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya sehingga mengundang banyak wisatawan berkunjung. Seiring banyaknya kunjungan ini, turut mengerek roda ekonomi selanjutnya, industri cenderamata.

Terletak 14 kilometer dari Kota Mataram, Desa Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat dikenal sebagai sentra industri gerabah.  Di sini pengunjung dapat melihat gerabah yang dipajang di pelataran rumah maupun di gerai penjual gerabah. Pengunjung juga dapat melihat langsung proses pembuatannya. Bahkan, pengunjung diperbolehkan mencoba membuat gerabah.

Pembuatan gerabah di Desa Banyumulek sudah turun-temurun. Pada awalnya, masyarakat Desa Banyumelek membuat gerabah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti, membuat kendi, gentong, dan peralatan masak lainnya. Seiring berjalannya waktu, tembikar yang dibuat semakin beragam. Berbagai ornamen dan penghias ruangan menjadi desain yang lebih diutamakan. Pembuatan gerabah ini memberi dampak positif  bagi perekonomian desa.

Kelebihan gerabah yang dihasilkan tidak hanya pada bentuk yang beragam. Warna yang dihasilkan pun sangat indah dan memiliki ciri tersendiri. Ada satu model gerabah yang paling khas, yaitu kendi maling. Kendi (wadah air minum) ini memiliki lubang di bagian dasar kendi yang dipakai untuk memasukkan air ke dalamnya. Seperti cara aneh seorang maling yang tidak memakai jalan biasa. foto dan teks Agung Supriyanto, ed: Yogi Ardhi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement