Rabu 15 Apr 2015 17:44 WIB

Surga Buatan Ala Negeri Singa

Red:

Berkembang menjadi negara yang maju dan modern, bukan berarti Singapura tidak memiliki tempat-tempat yang asri dan alami. Sebaliknya, negara kota ini memiliki cukup banyak tempat wisata alam yang tersebar di daratan utama Singapura dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Salah satu tempat wisata alam terpopuler di Singapura adalah Gardens by the Bay. Gardens by the Bay adalah ruang taman yang terletak di tengah kota, hanya sekitar lima menit dari Marina Bay dengan berjalan kaki. Taman ini memiliki luas area sekitar 101 hektare yang terbagi menjadi beberapa area. Di tempat ini, terdapat lebih dari 250 ribu tanaman langka di dalam konservatorium berbentuk kubah besar. Yang paling menarik adalah dua kubah kaca berbentuk elips, yaitu Flower Dome dan Cloud Forest.

Flower Dome dikemas dalam desain yang spektakuler dan inovatif dengan mengaplikasikan iklim yang sejuk dan kering daerah mediterania, seperti Afrika Selatan, California, Spanyol, serta Italia. Rumah bagi koleksi tanaman dari gurun di seluruh dunia ini menampilkan adaptasi tanaman terhadap lingkungan yang kering. Saat menyusurinya, jangan sungkan untuk sesekali berhenti dan mencium aroma aneka bunga dari musim yang berbeda.

Cloud Forest air terjun buatan yang sungguh indah. Sesuai namanya, Cloud Forest sengaja dibuat berkabut untuk menjaga temperatur dingin dan kelembaban yang pas sehingga tumbuhan pegunungan yang cantik bisa tumbuh dengan baik. Pengunjung bisa naik ke atas bangunan yang menyerupai gunung, di mana terdapat jembatan jembatan layang yang mengitarinya.

Area tersebut dibangun sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap RTH (Ruang Terbuka Hijau) di kawasan Singapura. Sebuah ide dan pengorbanan yang sangat besar bagi sebuah negara yang sangat kecil. Yasin Habibi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement