Jumat 21 Oct 2016 15:00 WIB

Sodiq Mudjahid, Wakil Ketua Komisi VIII DPR: Keputusan Arab Saudi Saya Dukung

Red:

Bagaimana pendapat Anda terkait keputusan Pemerintah Arab Saudi yang menambah biaya visa umrah untuk jamaah yang hendak berumrah kedua kali pada tahun ini?

Saya kira bagus itu. Saya mendukung sepenuhnya penambahan biaya tersebut.

Mengapa demikian?

Sebab, umrah itu kan bagian dari ibadah khusus. Rasul pun mencontohkan umrah sebanyak empat sampai lima tahun sekali. Akan tetapi, jangan sampai umat Islam menghabiskan anggaran untuk umrah. Sebab, ada kecenderungan orang mampu umrah terus, tapi lupa membangun fasilitas untuk umat.

Jadi, seharusnya memang dibatasi?

Ya, ada bagusnya dibatasi. Bermanfaat untuk mengurangi kepadatan agar umat Islam kembali ke rel. Jadi, dana yang ada bisa digunakan untuk pembangunan umat, bukan perjalanan umrah saja yang manfaatnya untuk orang yang melaksanakan saja. Prihatin sebenarnya orang Islam sedikit-sedikit umrah.

Bagaimana sebaiknya menurut Anda ke depan?

Ya, coba sedikit-sedikit wakaf, sedikit-sedikit infak, maka fasilitas umat akan lengkap. Indah kalau budaya wakaf dan infak seperti budaya umrah saat ini.

Apa dampak bagi travel penyelenggara umrah dan haji?

Saya sendiri punya travel haji dan umrah. Tapi, saya selalu katakan terima kasih sudah percaya. Tapi, jangan terlalu sering umrah. Mungkin, saya satu-satunya pemilik travel yang seperti itu.

Tapi, Anda tidak khawatir jamaah umrah akan berkurang?

Berkurang? Tidak, alhamdulillah tidak. Soalnya, saya sering melihat keluarga setiap tahun berangkat itu kurang bagus. Oleh Wahyu Suryana, ed: Muhammad Iqbal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement