Rabu 25 May 2016 16:00 WIB

Hariyadi Sukamdani: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo): Paket Kebijakan Belum Efektif

Red:

Menurut pelaku usaha, apakah paket kebijakan ekonomi selama ini sudah berjalan efektif?

Memang dirasakan banyak yang belum berjalan secara efektif dan sebenarnya kuncinya ada di pemerintah sendiri karena sampai sekarang masih belum beres. Sebetulnya semangatnya presiden dengan paket kebijakan ini sudah bagus, tapi pelaksanaannya yang susah.

Paket apa yang dirasakan sudah berdampak bagi dunia usaha?

Hanya paket yang di BKPM saja ya. Kemudahan perizinan dan pemangkasan waktu, termasuk daftar negatif investasi (DNI) sudah berdampak. Kalau yang lain masih belum, misalnya, izin gangguan dan dweling time masih bermasalah.

Apakah program pembangunan pemerintah sudah ada hasilnya?

Paket kebijakan ini kan hanya jangka pendek. Sebetulnya program pembangunan infrastruktur di bawah Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum sudah berjalan baik. Namun, ini tidak bersinggungan langsung dengan masyarakat, sedangkan paket kebijakan ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat.

Apa yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah?

Sebaiknya pemerintah menunda mengeluarkan paket-paket lainnya dan melakukan evaluasi terhadap paket yang sudah ada. Apalagi, ini menyangkut deregulasi. Kalau nggak diberesin, ya gimana? Karena, kalau begini terus, ini menyangkut kredibilitas negara dan semangat para pengusaha untuk berinvestasi. Nanti pada akhirnya iklim investasi terganggu dan target pertumbuhan ekonomi tidak tercapai.    Oleh Rizky Jaramaya, ed: Ferry Kisihandi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement