Senin 26 Oct 2015 13:00 WIB

Saleh Partaonan Daulay, Ketua Komisi VIII DPR RI: Diplomasi Pemerintah Lemah

Red:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menurut Anda apa kekurangan dari penyelenggaraan haji tahun ini?

Pelaksanaan ibadah haji itu ada tiga aspek. Pemerintah Indonesia, Pemerintah Arab Saudi, dan jamaah haji. Dari sisi pemerintah kita, kelemahannya kurang diplomasi dengan Saudi. Kalau sifatnya tidak diplomasi, mereka sudah menyediakan sarana dengan baik. Misalnya, pemondokan, transportasi, dan katering.

 

Lalu lemah diplomasi dalam hal apa?

Hal yang sifatnya sarana yang disediakan Pemerintah Saudi, diplomasinya lemah. Misalnya, penempatan tenda di Arafah kualitasnya rendah dibanding negara lain. Lalu, 21 ribu jamaah ditempatkan di Mina Jadid.

Ini kan urusannya dengan Pemerintah Saudi. Jadi, yang berkenaan dengan diplomasi. Termasuk, juga berkenaan dengan penanganan korban bencana crane maupun Mina. Itu urusannya diplomasi pemerintah kita dengan Pemerintah Saudi.

Berarti untuk perbaikan penyelenggaraan ibadah haji tahun depan pemerintah harus tingkatkan diplomasi?

Iya.

Selain masalah diplomasi, hal lain apa perlu dievaluasi?

Masalah petugas haji. Pemerintah harus melakukan seleksi bagi petugas haji sehingga keberadaan mereka betul-betul dirasakan manfaatnya oleh jamaah. Diperbanyaklah tenaga petugas dari TNI-Polri yang sigap di sana.

Evaluasi untuk jamaah haji apa?

Jamaah haji kita diminta untuk mengikuti instruksi atau arahan pemerintah, misalnya, jangan melontar Jamarat jam segini. Mereka harus menyadari bahwa mengikuti aturan itu penting. Oleh Marniati ed: Ferry Kisihandi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement