Jumat 31 Oct 2014 13:00 WIB

Saleh Abdurrahman, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian ESDM: Masyarakat akan Semakin Menghemat BBM

Red:

Apa dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi?

Rencana pengalihan subsidi ke kegiatan-kegiatan produktif akan menumbuhkan kegiatan-kegiatan sektor riil. Masyarakat juga akan semakin hemat menggunakan BBM. Bergantung besarnya kenaikan.

Meskipun harus diakui akan ada pengaruh terhadap harga barang dan jasa. Pemerintah tentu akan mengambil langkah-langkah terbaik untuk menangani hal tersebut.

Bagaimana dengan penyelewengan BBM bersubsidi?

Kalau disparitas (selisih) harga BBM subsidi dan nonsubsidi semakin kecil, tentu diharapkan aksi-aksi penyelewengan atau penyelundupan seperti itu akan jauh berkurang. Di sisi lain tentu saja pengawasan distribusi BBM bersubsidi harus terus ditingkatkan dengan bekerja sama dengan semua pihak.

Bagaimana langkah Kementerian ESDM untuk mengantisipasi penimbunan BBM bersubsidi?

Kita akan melakukan pengawasan. Titik-titik yang biasa menjadi lokasi penimbunan atau pergerakan suplai dan demand (permintaan) yang tidak biasa di suatu lokasi menjadi salah satu indikator adanya penimbunan. Tentunya masalah harus cepat dikejar dan diawasi.

Kenaikan tarif BBM bersubsidi direncanakan kapan dan berapa besarannya. Menurut Menku akan segera dinaikan sebelum 1 Januari 2015?

Soal kenaikan BBM ini masih belum jelas. Belum diketahui kapan dan berapa besar kenaikan tarif BBM bersubsidi.

n ed: teguh firmansyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement