Selasa 03 May 2016 17:00 WIB

Pendaftaran Caketum Golkar Dibuka

Red:

Foto : Republika/Rakhmawaty La'lang  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JAKARTA -- Pendaftaran calon ketua umum (caketum) Golkar pada munaslub sudah mulai dibuka secara resmi. "Jadwal pendaftarannya adalah pada 3 dan 4 Mei hingga pukul 24.00 WIB di Kantor DPP Partai Golkar," ujar Ketua Komite Pemilihan Munaslub Partai Golkar Rambe Kamarulzaman dalam acara sosialisasi Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar di Jakarta, Senin (2/5).

Rambe mengatakan, setelah pendaftaran, pada 5 Mei 2016 dilakukan verifikasi bakal caketum Partai Golkar sekaligus menjadi hari terakhir untuk melengkapi berkas persyaratan. Kemudian, pada 6 Mei 2016 rapat pleno Panitia Pengarah akan mengesahkan caketum

Untuk selanjutnya, pada 7 Mei 2016 diserahkan surat keputusan bakal calon ketua umum dan pengaturan jadwal sosialisasi kampanye di lima zona serta pengundian nomor urut. Rambe menyebutkan persyaratan bagi bakal caketum yang akan mendaftarkan diri.

Di antaranya, pernah menjadi pengurus DPP atau DPD Golkar atau organisasi pendiri dan didukung minimal 30 persen pemegang hak suara. Selain itu, harus tercatat aktif terus-menerus menjadi anggota Golkar sekurangnya lima tahun, pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan kader dengan dibuktikan fotokopi sertifikat.

Kemudian, memiliki prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela dan menyertakan surat keterangan berkelakuan baik. Komite pemilihan juga mensyaratkan adanya surat pernyataan bersedia meluangkan waktu dan sanggup bekerja dengan Partai Golkar, sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah.

"Kemudian, menyerahkan laporan pajak terakhir dan laporan harta kekayaan bagi pejabat negara, menyerahkan pokok pikiran secara tertulis, menyerahkan komposisi dan personalia tim sukses yang ditandatangani bakal calon ketua umum serta wajib mengikuti sosialisasi dan kampanye yang ditentukan," ujar Rambe.

Sebelumnya, DPP Partai Golkar telah melakukan rapat pleno untuk memutuskan penyelenggaraan Munaslub Partai Golkar di Bali pada 23-26 Mei 2016. Rapat pleno juga menyepakati pembebanan iuran Rp 1 miliar bagi para caketum Golkar untuk pembiayaan munaslub.

Sementara itu, Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Soksi), salah satu organisasi pendiri Partai Golkar, menyatakan  hanya mendukung calon yang terbaik bagi kepentingan bangsa.

"Kami akan bergerak mendukung caketum Golkar yang terbaik bagi Golkar dan bangsa. Jadi, nggak hanya untuk Soksi," kata Plt Ketua Umum Soksi Ali Wongso Sinaga.

Soksi pun siap menyukseskan Munaslub Partai Golkar yang digelar pada Mei 2016 di Bali.   Menurut Ali, Golkar sebagai salah satu parpol yang selalu berada bersama pemerintah harus melakukan pembenahan sistem yang ada.

Selain itu, lanjut dia, seorang ketua umum Golkar harus memiliki waktu yang tidak terbatas.

"Jangan korbankan tugas lain, apalagi pejabat negara. Ini harus dipikirkan betul-betul. Bagaimana supaya Golkar bisa maju, menjadi partai modern, dan kembali bisa dipercaya rakyat," kata Ali.

 

Mundur

Sementara itu, bakal caketum Partai Golkar Idrus Marham akhirnya mundur dari bursa caketum. Pernyataan itu disampaikannya di sela memberi sambutan dihadapan DPP Partai Golkar dan bakal caketum lainnya.

"Saya menyatakan, saya tidak maju (caketum)," kata Idrus di kantor DPP Partai Golkar, Senin (2/5).

Sebelumnya,  Idrus secara tegas menegaskan keinginannya untuk maju sebagai bakal caketum Golkar. Idrus menyampaikan alasan pengunduran dirinya karena proses demokratisasi di Golkar sudah berjalan sangat baik.

"Saya tidak perlu maju lagi karena teman-teman sudah cukup banyak dan karena memang dari awal yang penting dari gagasan-gagasan saya bisa dilaksanakan, tidak harus saya jadi (caketum)," tutur Idrus. rep: Agus Raharjo antara ed: Muhammad Hafil

***

infografis

***

Tahapan Munaslub dan Pendaftaran Caketum Golkar

*3-4 Mei 2016

- Pendaftaran resmi caketum

- Bagi bakal calon yang belum diundang panitia masih diperbolehkan mendaftar

*5 Mei 2016

Verifikasi persyaratan dari pendaftaran

*6 Mei 2016

Penetapan caketum

*7 Mei 2016

- Pengambilan undian nomor urut caketum

- Hasil pengundian ini akan dijadikan surat suara

*9-18 Mei 2016

Kampanye bersama di lima zona:

-    Medan

-    Surabaya

-    Makassar

-    Kalimantan

-    Bali

*20-21 Mei 2016

Debat calon di DPP Golkar yang disiarkan di salah satu televisi nasional

*23 Mei 2016

Pelaksanaan munaslub di Bali

***

11 Bakal Caketum Golkar yang Diundang Panitia

-    Ade Komaruddin

-    Airlanggar Hartarto

-    Azis Syamsudin

-    Hutomo Mandala Putra (Tommy)

-    Idrus Marham

-    Indra Bambang Utoyo

-    Mahyudin

-    Priyo Budi Santoso

-    Setya Novanto

-    Syahrir Yasin Limpo

-    Watty Amir

Sumber: Pusat Data Republika

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement