Jumat 12 Feb 2016 14:00 WIB

Presiden Lantik 7 Kepala Daerah Hari Ini

Red:

JAKARTA--Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik tujuh gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2015 pada Jumat (12/2). Pelantikan kepala daerah definitif itu direncanakan berlangsung pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara, Jakarta. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan tingkat provinsi pada 12 Februari dan tingkat kabupaten/kota pada 17 Februari merupakan pelantikan tahap pertama.

Selanjutnya, masih ada pelantikan tahap kedua pada Maret untuk daerah yang hasil pilkadanya berproses di MK. Selain itu, ada pelantikan tahap ketiga pada Juni untuk daerah yang akhir masa jabatannya (AMJ) baru habis pada Juni 2016. "Pelantikan pada 12 Februari ada tujuh gubernur beserta wakilnya, 17 Februari ada 202 bupati dan wali kota beserta wakilnya. Sementara, ada empat kabupaten/kota dan satu provinsi yang pelantikan kepala daerahnya diundur," kata Tjahjo, Kamis (11/2).

Mendagri juga berpesan kepada para pasangan kepala daerah yang akan dilantik pada hari ini untuk tidak membawa rombongan terlalu banyak ke Jakarta. Menurutnya, cukup gubernur dan wakilnya beserta istri, sekretaris daerah, dan pimpinan DPRD yang ikut menyaksikan acara pelantikan di Istana Negara. "Seluruh kepala daerah nantinya akan diundang ke Istana Negara untuk mendapatkan pengarahan dari Presiden dan sejumlah kementerian terkait," ujar Tjahjo.

Pelaksana Tugas Sekda Kepulauan Riau (Kepri) Reni Yusneli menyatakan, pihaknya telah menyiapkan acara adat penyambutan gubernur dan wakil gubernur terpilih Kepri Muhammad Sani-Nurdin Basirun. Acara adat itu dilakukan saat Ketua Lembaga Adat Melayu Kepri Abdul Razak, tokoh masyarakat, dan kepala satuan kerja perangkat daerah menjemput Sani-Nurdin di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang. "Gubernur-Wakil Gubernur Kepri dilantik di Istana Negara pada Jumat (12/2). Kemudian, hari Sabtu dengan menggunakan pesawat Lion ke Tanjungpinang," ujar Reni, Kamis (11/2).

Reni menerangkan, dari Bandara Raja Haji Fisabilillah, Sani-Nurdin akan diarak menuju Gedung Daerah Tanjungpinang. Sani-Nurdin akan disambut masyarakat Kepri yang diundang dalam acara tersebut. Setelah itu, kata dia, di Gedung Daerah Tanjungpinang akan dilaksanakan acara serah terima jabatan antara Pejabat Gubernur Kepri Nuryanto kepada Sani-Nurdin. "Kami sudah membentuk panitia khusus dalam kegiatan ini. Panitia sudah persiapkan acara penyambutan, tenda, kursi, dan perlengkapan lainnya untuk kelancaran acara tersebut."  antara ed: Andri Saubani

***

7 Kepala Daerah yang Dilantik

Nama Gubernur/Wakil            Provinsi

Sahbirin Noor-Rusdi Resnawan        Kalimantan Selatan

Zumi Zola-Fachrori Umar        Jambi

Irwan Prayitno-Nasrul Abit        Sumatra Barat

Olly Dondokambey-Steven Octavianus    Sulawesi Utara

Muhammad Sani-Nurdin Basirun    Kepulauan Riau

Irianto Basire-Udin Hianggio        Kalimantan Utara

Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah    Bengkulu

Sumber: Kementerian Dalam Negeri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement