Ahad 24 Jan 2016 20:10 WIB

Akbar-Agung tak Hadiri Rapimnas Ical

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar hasil munas Riau Akbar Tandjung dan Ketua Umum Golkar hasil munas Jakarta Agung Laksono tak terlihat, di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Jakarta, Sabtu (23/1) malam. Namun, pelindung Tim Transisi Partai Golkar BJ Habibie terlihat di antara para undangan. Ketua Umum DPP Partai Golkar hasil munas Bali Aburizal Bakrie menyiratkan acara yang digelar kubunya berpeluang menggagas penyelenggaraan musyawarah nasional (munas).'

"Munas tergantung pada peserta rapimnas. Karena, rapimnas ini pengambil keputusan tertinggi di bawah munas. Maka, nanti mereka peserta rapimnas, yakni DPD I, organisasi sayap yang mendirikan dan didirikan Golkar yang menentukan apakah diperlukan munas, munaslub, atau tidak," kata Ical, sapaan akrab Aburizal, semalam.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar hasil mu nas Bali Nurdin Halid mengatakan, rapimnas ini untuk rekonsiliasi menyeluruh. Sebab itu, Abu rizal Bakrie menerima kesepakatan penyelenggaraan rapimnas digelar oleh kepengurusan Riau. Dalam kepengurusan Riau, Ketua Umum Golkar hasil munas Ancol Agung Laksono adalah wakil ketua umum.

Di penyelenggaraan rapimnas ini, Agung Laksono ditempatkan sebagai penasihat rapimnas. Jadi, menurut Nurdin, seharusnya Agung hadir.

"Kalau tidak hadir, masyarakat bisa menilai bahwa sebenarnya yang tidak mau menyelesaikan konflik adalah kubu Agung Laksono," ujar dia di Jakarta, Sabtu (23/1).

Sehari sebelum rapimnas dimulai, Akbar Tandjung dan Agung Laksono telah menyatakan tidak menghadiri rapimnas yang digelar kubu Ical itu. "Saya sudah ada jadwal ke luar kota," kata Akbar Tandjung di Jakarta, Jumat (22/1), ketika ditanya wartawan.

Akbar mempersilakan Ical menyelenggarakan rapimnas sepanjang ti dak bermuara pada upaya penyelenggaraan munas di luar dari Tim Transisi. Ia berpendapat, munas hanya boleh diselenggarakan Tim Transisi Gol kar sesuai amanat Mahkamah Partai Golkar (MPG). Sementara, Agung Laksono di tempat ter pisah menyatakan enggan menghadiri rapimnas kubu Aburizal karena dinilai tidak memiliki legalitas.

Aburizal sendiri tidak hadir dalam rapat perdana Tim Transisi, Jumat (22/1) malam, meskipun posisinya adalah anggota tim.

Pembukaan acara rapimnas semalam dihadiri para ketua partai KMP. Dari kalangan pemerintah, terlihat Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly. rep: Agus Raharjo antara, ed: Nina Chairani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement